5 Tips Menggunakan Macbook Untuk Pemula

Menggunakan macbook untuk pemula tentunya bukan perkara mudah. Pasalnya macbook berbeda dengan laptop pada umumnya. Baik dari segi tampilan atau bahkan dari cara penggunaan. Karena itulah bagi Anda yang beralih dari laptop biasa menuju macbook, maka pastikanlah untuk memperhatikan beberapa hal berikut ini :

Macbook untuk pemula

Finder bentuk explorer pada Macbook

Untuk mengatur data dan juga membuat folder seperti halnya penggunaan windows explorer, Anda dapat melakukannya dengan menggunakan finder. Selain dapat mengkategorikan baragam folder serta file dengan mudah. Anda juga dapat mengkategorikannya berdasarkan warna berbeda. Finder masih dapat dijalankan meskipun Anda menekan tanda close. Selain itu, Anda juga dapat membuang folder yang tidak dibutuhkan dengan menggesernya langsung menuju bagian trash.

Penggunaan trackpad

Untuk trackpad pada macbook serta windows jelas berbeda. Jika pada windows terdapat dua bagian klik, di trackpad macbook hanya terdapat 1 bagian klik. Dengan kata lain, ketika Anda melakukan klik baik di bagian kanan atau bahkan bagian kiri, maka fungsi yang dimilikinya tetap sama. Namun pada trackpad ini terdapat beberapa gesture yang dapat Anda gunakan dan coba hafalkan untuk menggunakan macbook dengan lebih mudah dan cepat.

Spotlight untuk melakukan pencarian dengan mudah

Jika Anda lupa menyimpan file atau bahkan melakukan pencarian aplikasi yang hendak Anda gunakan, maka Anda dapat melakukannya melalui fitur spotlight search. Fitur yang satu ini terdapat pada bagian status bar dan bisa Anda temukan dengan mudah serta cepat.

Preview data pada finder

Jika pada windows preview dokumen dapat dilakukan dengan memanfaatkan preview panel, maka berbeda halnya dengan macbook. Sistem review yang digunakan macbook lebih sederhana dan mudah. Pasalnya Anda hanya tinggal mengklik tombol spasi untuk melihat preview yang dimilikinya dan mengklik tombol spasi kembali untuk kemudian menutupnya lagi.

Sistem panel kendali

Untuk mengendalikan beragam jenis sistem yang terdapat dalam windows umumnya dilakukan dengan menggunakan bagian control panel. Sistem pengendalian tersebut juga dimiliki macbook yang dikenal dengan nama system preference. Untuk bagian yang satu ini dikenal lebih mudah untuk digunakan dan bahkan dinyatakan lebih praktis. seperti halnya dalam mengikuti cara instal mac os di laptop yang dapat dikendalikan dengan mudah termasuk untuk menghapus atau uninstallnya kembali.

Dalam hal ini, Anda dapat melakukan restart sistem, kemudian memadamkan macbook hingga mengubah mode sleep dengan menggunakan tombol yang sama, yaitu simbol dari buah apel yang terdapat di bagian pojok kiri atas dari desktop macbook Anda. Tidak hanya itu, jika menekan tombol tersebut, maka Anda juga dapat melakukan akses pada beragam jenis pembaruan dari software update yang ada.

Dari penjelasan singkat di bagian atas tadi, dapat Anda lihat bahwa bukan hanya tampilannya saja yang unik, menarik dan praktis. Pasalnya cara penggunaan pada macbook pun terbilang praktis dan lebih mudah untuk dilakukan. Namun jika Anda masih merasa kikuk, maka cobalah untuk membiasakannya hingga penggunaan macbook pun terasa nyaman.

Itulah kiranya penjelasan singkat mengenai tips tepat menggunakan macbook untuk pemula dengan lebih mudah.

1 thought on “5 Tips Menggunakan Macbook Untuk Pemula”

Leave a Reply