Mengenal Android Studio : Cara Instal Hingga Membuat Aplikasi Android

Dalam proses membuat aplikasi Android, Anda pasti akan membutuhkan software khusus. Salah satu software yang paling terkenal dan mudah digunakan yaitu Android Studio. Disini, penulis akan menjelaskan tentang tahapan menginstall Android Studio secara lengkap. 

Sebelum memulainya, Anda perlu mempersiapkan komputer dengan spesifikasi berikut.

  • Kapasitas RAM minimal 3GB atau disarankan 8BG
  • Kapasitas penyimpanan yang tersedia minimal 2GB. Disarankan 4GB dengan spesifikasi (500 MB untuk IDE, 1,5 GB untuk Android SDK dan juga sistem emulator)
  • Resolusi layar minimal 1280 x 800

Cara Install Android Studio

Apabila spesifikasi komputer Anda sudah sesuai dengan penjelasan di atas. Maka Anda sudah bisa mulai mengikuti langkah-langkah di bawah ini mengenai cara install Android Studio. Cara menginstall aplikasi ini terdiri dari dua langkah, yaitu:

  1. Set up Android Studio
  2. Install SDK Android Studio

Untuk penjelasan selanjutnya, simak panduan lengkapnya di bawah ini:

1. Set up Android Studio

Di bawah ini adalah langkah-langkah pertama untuk menginstall Android Studio:

a. Unduh Android Studio

Sebelum menginstall aplikasi ini, langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengunduh file Android Studio. Klik link disini untuk mendownload file Android Studio, kemudian setelah itu klik Download Android Studio.

Android Studio

b. Pasang/Install Android Studio

Setelah Anda selesai mengunduh file Android Studio. Maka langkah selanjutnya adalah pemasangan Android Studio pada perangkat Anda. Namun sebelum itu, buka file Android Studio dan ikuti instruksi pemasangan di bawah ini:

Setelah Anda mengikuti langkah instruksi, maka akan muncul halaman seperti di bawah ini. Kemudian klik “Next” untuk meneruskan proses penginstalan.

Android Studio

c. Pilih Komponen Tambahan

Setelah itu, pilih komponen tambahan untuk memasang Android Studio. AVD atau Android Virtual Device berfungsi untuk mengkonfigurasi perangkat yang sudah dijalankan dengan emulator Android. Kemudian Anda perlu menyesuaikan komponen tambahn yang sudah dipilih seperti di gambar berikut. Apabila sudah selesai, kemudian klik Next untuk melanjutkan proses instalasi.

Android Studio

d. Tentukan Lokasi Pemasangan Android Studio

Langkah selanjutnya yaitu pilih lokasi untuk memasang Android Studio pada perangkat Anda. Pada tutorial kali ini, penulis sudah menginstall Android Studio di lokasi C:\Program\File\Android\Android Studio. Setelah Anda menentukan lokasi pemasangan Android Studio, maka langkah selanjutnya adalah klik Next untuk melanjutkan.

Android Studio

e. Buat Nama Aplikasi Android Studio

Langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan yaitu membuat nama aplikasi. Sebenarnya, Anda bebas menentukan nama aplikasi Android Studio yang akan Anda tampilkan di Start Menu. Namun, supaya Anda mudah mencarinya, sebaiknya gunakan nama yang mudah diingat. Setelah penentuan nama selesai, langkah selanjutnya adalah klik Install untuk melanjutkan proses pemasangan.

Android Studio

f. Mulai Proses Pemasangan Android Studio

Langkah selanjutnya setelah menentukan nama adalah memulai proses pemasangan Android Studio. Gambar dibawah ini merupakan salah satu contoh proses instalasi. Kemudian tunggu hingga proses instalasi selesai.

2. Pasang/Install SDK Android Studio

SDK merupakan seperangkat alat dan juga program software yang digunakan oleh developer untuk membuat aplikasi platform tertentu. Sebelum memasang SDK Android Studio, pastikan bahwa perangkat Anda sudah terhubung ke internet. Sebab, akan ada proses unduh komponen-komponen SDK Android Studio. Di bawah ini penulis sudah memberikan panduan pemasangan SDK Android Studio yang bisa Anda pahami.

a. Pasang SDK Android Studio

Jika sebelumnya Anda sudah berhasil memasang Android Studio, maka pada tahap ini Anda perlu membukanya dan ikuti proses instalasi sesuai instruksi. Tahap pertama akan muncul halaman seperti di bawah ini. Kemudian klik next untuk melanjutkan proses pemasangan aplikasi:

b. Tentukan Tipe Instalasi 

Langkah selanjutnya adalah memilih tipe instalasi. Disini Anda akan diberi dua pilihan:

– Standar, yaitu disini Anda akan memperoleh default pengaturan dan juga pemasangan tambahan dari Android Studio.

– Custom, yaitu disini Anda dapat memilih pengaturan serta komponen tambahan yang Anda butuhkan saja.

Nah, pada panduan kali ini, penulis akan memilih tipe custom. Supaya aplikasi tambahan yang tidak diperlukan tidak ikut terinstall. Kemudian klik next untuk melanjutkan prosesnya.

c. Tentukan Tampilan Android Studio

Langkah selanjutnya yaitu memilih tema untuk tampilan Android Studio di dashboard. Disini Anda akan diberi dua pilihan, yaitu:

– Darcula : Tema gelap (hitam)

– Light : Tema cerah (putih)

Di panduan kali ini, penulis akan memiliki tema gelap atau darcula. Kemudian klik next untuk melanjutkan prosesnya. 

d. Tentukan Komponen SDK Tambahan

Pada tahap ini, Anda perlu memilih komponen tambahan SDK. Dimana komponen SDK tersebut hanya akan muncul apabila Anda memilih tipe pemasangan custom. Apabila Anda memilih tipe standar, maka Anda tidak akan mendapatkan pilihan komponen SDK. Sebab, semua komponen sudah ditentukan otomatis secara default dari Android Studio. Lalu, sesuaikan komponen tambahan tersebut seperti pada gambar di bawah ini. Kemudian setelah itu klik next untuk melanjutkan pemasangan.

e. Tentukan RAM untuk Emulator

Langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah menentukan RAM. Disarankan Anda menggunakan RAM yang memiliki kapasitas minimal 4GB. Supaya tidak memperlambat proses running Emulator saat menjalankan aplikasi yang sudah Anda buat. Kemudian klik next untuk melanjutkan prosesnya.

f. Review Setting Instalasi

Setelah itu, Anda akan diberikan beberapa informasi mengenai komponen tambahan SDK sekaligus dengan ukuran filenya. Setelah itu, klik finish untuk memulai proses unduh komponen tersebut.

g. Proses Unduh dan Pasang SDK Android Studio

Setelah melewati proses unduh komponen SDK dimulai, Anda harus menunggu hingga prosesnya selesai. Proses tersebut akan membutuhkan waktu yang cukup lama, karena ukuran filenya yang relatif besar. Oleh sebab itu, pastikan koneksi internet Anda stabil. Supaya tidak terjadi error ketika proses pemasangan.

Setelah selesai menginstall, kemudian akan muncul tampilan seperti ini:

Setelah itu, Anda bisa langsung membuat project pertama Anda.

Cara membuat Aplikasi Dengan Android Studio

  • Langkah pertama buka IDE Android Studio.
  • Kemudian pilih New Project, setelah itu beri nama aplikasi sesuai dengan keinginan Anda.
  • Apabila Anda memilih, atur nama perusahaan sesuai keinginan *.
  • Maka Anda perlu memperhatikan di mana letak file project dan ubah sesuai keinginan.
  • Kemudian Klik “Next“.
  • Pastikan bahwa “Phone and tablet” merupakan satu-satunya kotak yang Anda beri centang.·
  • Apabila Anda ingin menguji aplikasi di android Anda, maka pastikan dulu bahwa SDK minimum ada di bawah tingkat sistem operasi ponsel Anda.
  • Lalu klik “Next”·
  • Pilih “Empty Activity”.
  • Kemudian klik “Next”
  • Untuk nama activity dan yang lainnya biarkan saja default, tidak perlu dirubah
  • Setelah itu klik “Finish”.

Demikian panduan mengenai tata cara menginstall Android Studio yang bisa Anda tiru. Jika Anda sudah berhasil menginstall Android Studio, maka Anda dapat memulai membuat project aplikasi Android Studio. Manfaatkan aplikasi Android Studio dengan semaksimal mungkin untuk membuat project garapan Anda. Jangan lupa untuk menyiapkan perangkat yang sesuai agar project yang akan Anda buat lancar dan berkualitas.

Leave a Reply

%d bloggers like this: