Alasan Laptop Tidak Bisa Mendeteksi WiFi, Begini Cara Mengatasinya

Hayo ngaku, siapa disini suka cari-cari tempat tongkrongan yang ada koneksi gratisnya? Daripada pakai hotspot portabel memang lebih baik cari tempat ber wifi, sambil bawa laptop langsung lembur. Pernah tidak atau mungkin sekarang laptop tidak bisa mendeteksi wifi, rasanya pasti menjengkelkan.

Tentang WiFi

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan nama ini, WiFi merupakan salah satu teknologi nirkabel untuk memancarkan jaringan internet.  Pertama kali diluncurkan pada 21 September 1998, ia termasuk dalam jaringan yang bernama WLAN atau singkatan dari Wireless Local Area Network.

WiFi menggunakan alat yang digunakan router untuk memancarkan sinyal nya, biasanya memiliki jangkauan area seluas 500 meter untuk outdoor dan 20 meter indoor (seperti penggunaan rumah saja). Untuk terhubung dengannya, sebuah perangkat harus memiliki akses mendeteksi jaringan.

Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Mendeteksi WiFi

Saat ini perangkat Anda sedang mengalami kendala jaringan padahal ada deadline yang harus dikerjakan? Tenang, ada cara untuk membenarkan laptop tidak bisa mendeteksi WiFi. Sebenarnya itu kendala yang lumrah, tapi jika dialami saat tidak tepat, perlu segera diatasi. Begini caranya:

1. Mengaktifkan Wireless Adapter

Ada banyak sekali variabel yang menyebabkan laptop tidak bisa mendeteksi WiFi. Salah satunya jika tombol jaringan WLAN pada laptop ternyata tak berfungsi karena sudah rusak. Untuk mengatasinya, harus mengaktifkan wireless adapter secara manual pada menu control panel.

  • Pastikan perangkat Anda telah hidup dengan sempurna.
  • Klik opsi cari pada laptop Anda.
  • Jika windows 7 klik start dulu, pada bagian bawah kotak dialog klik search.
  • Pada windows 8 geser kursor ke bagian kiri layar hingga muncul pop-up lalu klik search.
  • Pada windows 10 dan 11 biasanya sudah ada di bawah bersama taskbar.
  • Ketikan Control Panel pada search bar.
  • Klik menu Control Panel.
  • Pilih menu Network and Internet.
  • Pilih menu Network and Sharing Center
  • Pilih Change Adapter Setting pada bagian kiri layar laptop Anda.
  • Klik kanan opsi Wireless Connection, pilih enable.
  • Jika sudah ikon dua komputer telah berwarna biru, Anda sukses menyalakannya.

2. Mengaktifkan Network Driver

Network Driver merupakan sebuah program yang terpasang pada perangkat seperti laptop dan komputer yang berfungsi untuk menangkap jaringan WLAN. Ia ditempatkan pada sebuah perangkat dengan cara di instal, jadi ketika laptop tidak bisa mendeteksi WiFi, kemungkinan karena belum aktif.

  • Pastikan perangkat Anda sudah menyala dengan sempurna.
  • Tekan tombol Windows+R pada keyboard Anda.
  • Ketikan ncpa.cpl pada kotak dialog Run.
  • Klik opsi Run pada ujung kanan bawah kotak dialog
  • Perhatikan apakah wifi driver berwarna biru atau abu-abu.
  • Apabila masih berwarna abu-abu, klik kanan pada iconnya.
  • Setelah muncul kotak dialog baru, klik enable.

Baca juga : Gampang Banget, Begini Cara Membuat Gambar Menjadi HD

Alternatif Lain Untuk Memperbaiki Laptop Tidak Bisa Mendeteksi Wifi

Jika kedua langkah di atas belum bisa membantu, masih ada beberapa cara lain yang dapat digunakan untuk memperbaiki jaringan wireless tidak dapat dibaca oleh laptop. Anda bisa melakukan salah satu cara ini agar perangkat dapat kembali terkoneksi dengan internet menggunakan wifi.

1. Wireless Capability is Turned Off

Anda harus selalu memastikan apakah semua sistem perkoneksian pada laptop sepenuhnya menyala. Beberapa kasus laptop tidak bisa mendeteksi WiFi bisa saja karen Wireless Capability perangkat belum hidup atau sedang mati. Coba untuk turn on kembali sebelum menghubungkan dengan jaringan.

Tidak perlu pergi jauh-jauh ke control panel, Anda hanya perlu melakukan langkah kecil agar laptop dapat kembali terkoneksi dengan internet. Coba lihat pada keyboard, adalah ikon seperti pemancar sinyal sepanjang F1 hingga F12? Jika ada, tekan secara bersamaan Fn+(tombol F berlogo WLAN).

2. Wireless Driver

Hampir semua software yang ada di laptop itu tidak permanen, dalam artian mereka bisa di instal atau uninstal sesuka hati sang user, termasuk wireless driver ini. Meskipun sudah ada sejak perangkap dibeli, ia juga bisa mengalami beberapa kendala tidak atau dengan sengaja.

Kendala tersebut menyebabkan wireless driver menjadi rusak atau corrupt. Jika sudah sampai seperti itu, jalan satu-satunya bagi Anda adalah dengan meng uninstall lalu instal ulang dengan file yang baru agar bisa kembali mendeteksi keberadaan wifi.

3. Hapus Virus yang Menghalangi Wifi

Virus tidak hanya menyerang folder-folder Anda kemudian menjadikannya corrupt bahkan hilang tidak terbaca. Beberapa malware secara ganas dapat menyerang sistem-sistem yang ada di dalamnya hingga mother bot salah satunya bisa menyebabkan laptop tidak bisa mendeteksi WiFi.

Jika Anda menggunakan windows 8 hingga 10, tidak perlu menginstal software antivirus karena Microsoft sudah membekalinya dengan Defender. Gunakan itu untuk mendeteksi keberadaan virus, biasanya malware akan terhapus otomatis ketikan menjalankan full screen.

4. Mengganti Wireless Network Adapter

Apabila semua yang sudah Anda coba di atas masih tidak bekerja, mungkin memang saatnya ada komponen di dalam laptop perlu diganti seperti wireless network adapter. Ia terpasangkan pada bagian perangkat keras, dekat-dekat dengan IC Power.

Anda tidak bisa menggantinya sendiri karena harus melakukan pembongkaran pada perangkat. Serahkan pada teknisi yang sudah hAndal untuk memperbaiki masalah seperti ini karena ia berbentuk hardware, bukanlah software yang bisa di instal uninstal sesuai kemauan user.

Alasan Laptop Tidak Bisa Mendeteksi Wifi

Semua kerusakan yang Anda alami ini karena memiliki alasan yang jelas, sebab itu akhirnya bisa dicarikan solusi untuk menanganinya. Anda perlu lebih teliti dan telaten agar penyebab kenapa perangkat bermasalah sebelum mencoba berbagai cara untuk memperbaikinya sendiri.

1. Laptop Sedang Dalam Mode Pesawat

Jelas kalau ini sangat sering terjadi. Sudah capek-capek eksplorasi semua cara, berbagai tips dan trik, dan sejenisnya tapi ternyata permasalahannya hanya terletak pada mode pesawat yang masih dihidupkan. Tidak apa-apa, masih lebih baik daripada harus ke service center.

Perhatikan dahulu pada taskbar bagian pojok kanan kanan bawah, lihat apakah ada simbol pesawat terbang yang nangkring di sana. Apabila ada, Anda hanya perlu menonaktifkannya dengan satu klik pada kotak dialog. Kini perangkat sudah dapat digunakan untuk internetan kembali.

2. Wifi 5GHz

Alasan laptop tidak bisa mendeteksi WiFi selanjutnya adalah jaringan yang ternyata memiliki frekuensi sebesar 5GHz dengan stAndar 802.11n. Memang sekarang ini sudah banyak sekali penyedia jaringan wireless yang menggunakan ini karena transmisi datanya lebih cepat.

Laptop keluaran terbaru biasanya sudah mendukung dual-band dengan pita frekuensi sebesar 5GHz dan 2,4GHZ. Namun untuk device lama, tidak akan bisa menangkap jaringan tersebut. Ia juga memiliki kelemahan, yaitu penurunan kecepatan apabila Anda berada pada jangkauan jarak jauh.

Ternyata banyak sekali alasan dan cara memperbaiki laptop tidak bisa mendeteksi WiFi. Selalu ketahui apa yang menjadi penyebabnya terlebih dahulu sebelum mencari solusinya. Semoga cara-cara diatas dapat membantu Anda sehingga bisa kembali lancar menggunakan internet.

Cukup sekian dulu ulasan dari Aresmobile kali ini tentang mengatasi laptop tidak bisa mendeteksi wifi, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Leave a Reply