kenapa kartu sd tidak terbaca

Kenapa Kartu SD Tidak Terbaca? Begini Solusinya

196 View

Kartu memori, sebuah benda kecil yang biasanya terletak pada ponsel, kamera, handycame, dan masih banyak lagi. Fungsinya sebagai penyimpan  file, tapi pernahkan Anda merasakan keganjilan seperti tidak dapat menemukan keberadaannya pada perangkat, kira-kira Kenapa Kartu SD Tidak Terbaca?

Kenapa Kartu SD Tidak Terbaca? 

Sebenarnya ada banyak faktor yang mendasarinya, kenapa ia sampai tidak terbaca padahal kartu memori adalah salah satu bagian penting pada HP dan kamera terutama. Bisa-bisa, file-file yang telah lama tersimpan akan sirna selamanya apabila tidak segera dicarikan penyebabnya.

Kenapa Kartu SD Tidak Terbaca? mungkin karena faktor sistem pembaca ponsel atau kamera Anda, terkadang mereka butuh proses sangat lama.  Bisa jadi slot kartu memori dipasang secara terbalik, atau lain sebagainya. Kasus yang paling parah adalah, ia ternyata telah rusak, jadi Anda harus ganti baru.

Kenapa Kartu SD Tidak Terbaca? Begini Cara Memperbaikinya

Kartu yang tidak dapat terbaca oleh sistem bisa diperbaiki kok, tenang saja. Dengan catatan ia masih dapat menerima perbaikan karena pada beberapa kasus ia memory card hanya butuh beberapa langkah sederhana agar dapat dipakai kembali seperti sedia kala, berikut caranya:

1. Melakukan Pengecekan Kartu SD Menggunakan MiniTool Partition Wizard

Aplikasi ini dapat Anda unduh secara gratis pada laptop atau komputer. Ia memang dirancang khusus untuk memperbaiki kartu SD yang sering terkendala error atau mengalami kerusakan. Cara kerjanya adalah dengan melakukan scan partisi kondisi memori eksternal, berikut caranya:

  • Apabila Anda belum memiliki software ini, silahkan unduh terlebih dahulu.
  • Instal software ini hingga dapat digunakan.
  • Pasangkan kartu SD Anda menggunakan card recorder apa saja.
  • Buka aplikasi MiniTool Partition Wizard.
  • Tunggu hingga jendela aplikasi muncul pada layar.
  • Pilih menu Check File System.
  • Tunggu hingga jendela ditampilkan oleh aplikasi.
  • Klik pada menu Check & Fix Detection Error.
  • Pilih option start.
  • Tunggu hingga aplikasi menyelesaikan tugasnya.
  • Setelah selesai, cabut kartu SD kemudian pasang kembali pada PC.
  • Jika ia dapat terbaca oleh PC berarti kartu SD Anda telah benar kembali.

2. Memperbaiki Kartu SD Menggunakan Komputer atau Laptop

Kenapa Kartu SD Tidak Terbaca? mungkin ada yang salah pada saat Anda menggunakannya. Beberapa cara dapat digunakan untuk memulihkannya kembali, salah satunya dengan software. Jika Anda tidak punya dan malas download, cara ini dapat diterapkan dan mungkin lebih ampuh.

  • Pasang kartu SD ke card reader.
  • Padang ke USB komputer atau laptop Anda.
  • Tunggu hingga kartu SD sudah terbaca oleh sistem.
  • Buka menu explore atau tekan Windows+E.
  • Periksa apakah indikasi ukurannya muncul atau tidak.
  • Jika muncul, Anda bisa membuka kartu SD dan lakukan backup data terlebih dahulu.
  • Wajib untuk melakukan backup karena option kali ini adalah mengformat.
  • Klik kanan mouse pada driver kartu SD.
  • Setelah muncul menu bar pilih format.
  • Tunggu hingga proses pemformatan selesai.
  • Cobalah untuk memasang kartu SD yang sudah di format ke ponsel.
  • Apabila sistem pada ponsel dapat membacanya, berarti sudah siap digunakan kembali.

Baca juga : Aplikasi Penghasil Uang Tanpa Modal Pilihan Terbaik

Kenapa Kartu SD Tidak Terbaca? Ini Alasanya

Coba diingat-ingat kembali apa yang telah Anda lakukan dengan kartu SD sehingga tidak dapat terbaca pada sistem, atau ia tidak sengaja tertimpa sesuatu dan akhirnya menjadi error. Mungkin salah satu dari beberapa alasan ini dapat mengurangi rasa penasaran. Simak penjelasannya di bawah ini:

1. Sering Copat-Copot Kartu SD

Alasan kenapa kenapa kartu SD tidak terbaca yang pertama adalah karena sering dilepas. Terutama pada kartu SD yang digunakan pada kamera, ia pasti sering dilepas kemudian dipasang kembali oleh sang pemilik. Kebutuhan transfer data mengharuskan Anda sering memisahkan pada pasangannya. Jika memory card bukan tipe tahan banting, mudah baginya untuk menjadi rusak.

Solusinya, jika Anda ingin melakukan transfer data, lebih baik memakai kabel sambungan seperti USB saja. Atau beberapa opsi lain seperti menggunakan aplikasi berbagi ShareIt, serta Bluetooth. Khusus kamera yang tidak memiliki kedua itu, dapat melalui WiFi (jika memiliki fiturnya).

2. Main Cabut dari Ponsel, Komputer, atau Laptop

Sangat-sangat tidak disarankan untuk seenaknya mencabut kartu memori pada ponsel, komputer, atau laptop. Alasannya, karena sistem masih membaca keberadaan kartu SD tersebut. Ia masih dijalankan di ketiga perangkat tersebut.

Jika Anda memasang kartu SD pada komputer atau laptop, saat ingin mencabutnya pastikan untuk terlebih dahulu melakukan perintah “eject”. Sedangkan pada ponsel, pastikan handphone dimatikan terlebih dahulu sebelum melepaskannya.

3. Terkena Cairan

Kenapa Kartu SD Tidak Terbaca? Mungkin ini adalah hal sepele bagi Anda, tapi memang sudah terbukti benar jika beberapa jenis cairan dapat merusak memory card. Minyak, air, dan cairan-cairan lainnya dapat membuat lempengan berwarna kuning menjadi basah.

Jika lempengan kuning itu basah, kartu SD jelas tidak akan bisa dibaca oleh perangkat. Belum lagi akan resiko konsleting ringan yang mengakibatkan kerusakan permanen pada memory card. Jadi, usahakan tangan serta daerah sekitarnya tetap kering saat melepasnya.

4. Kualitas dari Kartu SD

Anda pernah mendengar beberapa merek ternama produsen kartu SD seperti Toshiba, Sandisk, VGEN, Samsung, HP, Kingston. Mereka memiliki banyak sekali jenis dan tipe memory card dari kapasitas rendah sampai tinggi, serta harga murah hingga mahal.

Usahakan jangan membeli kartu SD kapasitas tinggi dengan harga yang murah karena komponen di dalamnya tidak berkualitas bagus sehingga mudah rusak. Kemudian yang paling penting adalah, katakan tidak pada barang KW.

5. Terserang Virus

Mungkin ini adalah salah satu insiden paling burung. Kenapa kartu sd tidak terbaca? jika karena virus, maka Anda harus tabah dan tawakal. Bagaimana tidak, sulit menyelamatkan berkas-berkas yang telah terjangkit malware. Meskipun dampaknya pada memory card hany error, tidak untuk para file.

Sangat disayangkan jika ada beberapa file yang ternyata tidak rusak, tapi karena kartu SD terserang virus maka Anda dengan terpaksa harus memformatnya agar para malware dapat dibersihkan sehingga memory card bisa digunakan kembali.

Baca juga : Aplikasi Download Lagu Super Cepat dan Terbaik

Kenapa Kartu SD Tidak Terbaca? Cara Lain untuk Memperbaikinya

Berbagai macam penyebab kartu SD tidak dapat terbaca seperti yang telah tertera di atas tidak semata-mata dapat ditangani menggunakan aplikasi MiniTool Partition Wizard atau dengan formatting menggunakan komputer dan laptop. Cobalah untuk melakukan cara konvensional seperti di bawah ini:

1. Coba Bersihkan Kartu SD

Kenapa Kartu SD Tidak Terbaca? ada kemungkinan karena kotor akibat debu. Partikel-partikel halus itu tentunya dapat masuk pada sela-sela slot memori Anda. Atau misalkan, ketika diletakan pada meja yang kotor, bisa jadi itu adalah permasalahannya.

Solusinya, Anda bisa membersihkan kartu SD menggunakan penghapus karet. Usap-usap perlahan pada bagian lempengan kuningannya. Sebaiknya gunakan yang tidak meninggalkan residu, seperti merek mono.

2. Coba Pada Device Lain

Jangan terburu-buru untuk memformat kartu SD Anda apabila ia tidak dapat dibaca pada perangkat yang Anda gunakan saat ini. Beberapa device memang tidak bisa mendeteksi adanya memory card karena beberapa alasan.

Seperti slot kartu SD yang sebenarnya telah rusak, USB pada card reader tidak dapat berfungsi dengan baik, port pada komputer atau laptop kotor, dan masih banyak kemungkinan-kemungkinan lainnya. Cobalah untuk mencobanya di beberapa perangkat dulu untuk lebih pastinya.

Kenapa Kartu SD Tidak Terbaca? ternyata terlalu banyak penyebabnya jika harus diingat satu-satu apa yang sebenarnya telah Anda lakukan. Jika memang memory card Anda tidak dapat diselamatkan, ganti saja dengan yg baru, serta selalu lakukan backup data-data penting.

Leave a Reply