Cara Merubah Klise Menjadi Foto Digital dengan Langkah Sederhana

Mungkin bagi remaja zaman sekarang, klise adalah benda yang kuno. Namun siapa sangka, klise merupakan benda penting untuk menyimpan foto pada zamannya. Foto yang masih tersimpan di klise sangat sayang jika dibiarkan begitu saja. Bagi yang masih memilikinya, perlu tahu cara merubah klise menjadi foto digital dengan langkah sederhana.

Cara-cara yang harus dilakukan tidak terlepas dari aplikasi gratis yang bisa diunduh di Play Store maupun App Store. Hampir setiap aplikasi umumnya memiliki cara yang hampir sama. Namun, pasti ada beberapa perbedaan yang bisa dirasakan. Simak langkah-langkah berikut untuk mengetahuinya:

Gunakan Photo Negative Scanner: View & Convert Color, Ubah Klise Menjadi Foto Digital dengan Cepat

Aplikasi pertama yang bisa digunakan adalah aplikasi yang dikembangkan oleh Frappalabs ini. Photo Negative Scanner: View & Covert Color memberikan langkah mudah dan tidak membingungkan. Siapa pun bisa mencoba aplikasi ini dengan beberapa tahap. Berikut caranya:

1. Unduh Aplikasi, Pasang di Perangkat, Lalu Cari Cahaya yang Terang

Cara merubah klise menjadi foto digital pertama yang bisa dilakukan adalah mengunduh aplikasinya. Lalu pasang di perangkat seperti memasang aplikasi pada biasanya. Tunggu sampai proses selesai, kemudian buka. Setelah itu, cari cahaya yang terang untuk menerangi klise agar terlihat gambar yang ada di dalamnya.

2. Posisikan Ponsel yang Sedang Membuka Aplikasi di Depan Klise

Masuk menu “Click to Calibrate” untuk memotret klise tadi. Pastikan posisinya sudah pas dan tidak miring. Jadi, pada proses satu ini perlu kehati-hatian dalam mengambil gambar. Pada tahap ini juga ada kelebihan yang menonjol, yaitu bisa menampakkan warna yang ada dalam foto. Hal ini menjadi pembeda dari aplikasi lainnya.

3. Pencet Tombol Bergambar Kamera untuk Memotret

Langkah selanjutnya adalah memencet tombol kamera yang sudah disediakan. Secara otomatis, hasil akan muncul sesuai dengan gambar yang ada dalam klise. Jangan lupa memotong bagian foto yang tidak penting, kemudian simpan dengan memencet tombol centang yang ada di menu tersebut.

Gunakan Helmut untuk Mengubah Klise Menjadi Foto Digital

Cara merubah klise menjadi foto digital kedua bisa menggunakan aplikasi Helmut. Meskipun aplikasi ini memiliki fungsi yang sama yaitu merubah klise menjadi foto digital, tapi ada beberapa perbedaan. Salah satunya adalah adanya fitur-fitur untuk mengedit foto, seperti kecerahan, dan lain-lain. Berikut cara mudahnya:

1. Unduh dan Pasang Aplikasi Helmut, Lalu Pilih Modenya

Pertama, unduh aplikasi Helmut yang sudah tersedia di Play Store dan App Store kemudian lakukan pemasangan. Setelah itu, buka aplikasinya dan pilih salah satu modenya. Ada tiga mode yang ditampilkan, yaitu BW Negative, Color Negatife, dan Color Positife. Pilih opsi nomor dua untuk melanjutkan.

2. Ambil Foto dari Klise Menggunakan Kamera dan Aplikasi Helmut

Setelah memilih mode, langkah selanjutnya adalah klik tombol bertuliskan “Capture with Camera”. Jepret klise yang ada, pastikan juga mendapat cahaya yang terang agar foto terlihat dengan jelas. Lalu potong bagian yang tidak diperlukan dalam foto agar gambar lebih bagus. Jangan lupa klik centang untuk menuju menu selanjutnya.

3. Edit Kecerahan dan Simpan

Langkah terakhir adalah masuk menu untuk mengedit gambar. Ada beberapa pilihan, salah satunya adalah kecerahan. Jika dirasa kurang terang, maka foto tersebut bisa dicerahkan dalam menu ini. Kemudian klik “Scan” untuk menyelesaikan dan menyimpan. Klise sudah bisa disimpan dalam bentuk foto digital dan bisa dibagikan.

Itulah cara merubah klise menjadi foto digital yang bisa dipraktekkan dengan mudah. Dua aplikasi tersebut bisa diunduh gratis di Play Store dan App Store. Jadi, untuk merubah klise menjadi foto digital tidak perlu pergi ke tukang foto. Unduh saja aplikasinya dan ubah sendiri di mana pun dan kapan pun.

Leave a Reply

%d bloggers like this: