Cara Merubah Alamat di Google Map

Ikuti Cara Merubah Alamat di Google Map Ini Agar Lokasi Selalu Akurat

140 View

Menyematkan alamat rumah maupun kantor di Google Map akan memberikan kemudahan bagi siapa saja yang ingin mencarinya. Namun jika ternyata kantor atau rumah tersebut pindah, tentu lokasinya pun harus diganti agar lebih akurat. Oleh karena itu mengetahui cara merubah alamat di Google Map penting dilakukan, agar pengguna lain tidak kebingungan kala mencari alamat yang dituju.

Merubah Alamat Menggunakan Smartphone Android

Selain mudah ditemukan orang lain, menyematkan alamat di Google Map membuat sebuah bisnis terlihat lebih profesional. Kadang kala untuk memastikan kebenaran lokasi, masyarakat akan memeriksanya terlebih dahulu di Google Map. Jadi alamat yang dibuat harus benar. Berikut merupakan cara mudah merubah alamat cukup pada ponsel android agar:

1. Login di Aplikasi Google Map

Untuk pengguna android, pastikan aplikasi Google Map sudah terpasang dan pengguna tinggal membukanya. Jika belum memiliki aplikasinya bisa langsung mengunduhnya di Play Store. Terdapat sedikit perbedaan kala membuka di ponsel dan di laptop. Hal ini dikarenakan tampilan Google Map pada kedua sistem operasi perangkat ini berbeda.

2. Hapus Alamat Lama Terlebih Dahulu

Jika aplikasi telah terbuka, cari menu “Tersimpan” pada bagian bawah aplikasi. Lambang menu “Tersimpan” ini terlihat seperti ujung pita yang dipotong. Temukan lambang seperti huruf “P” yang bertuliskan “Berlabel” pada menu ini.

Setelah melewati tahap tadi, akan ada pilihan “rumah dan kantor” yang alamatnya telah terpasang. Ketuk “titik tiga” yang terletak di bagian kanan rumah atau kantor yang ingin diubah lokasinya, lalu pilih hapus alamat rumah atau kantor tersebut. Melalui cara ini alamat lama telah terhapus dan pengguna tinggal menambahkan alamat baru.

3. Menambahkan Alamat Baru Melalui Peta

Ketika alamat lama telah dihapus, tulisan “Pin Terpasang” yang sebelumnya menyertai menu rumah atau kantor akan hilang. Disini, barulah pengguna bisa memasukkan alamat baru yang diinginkan. Tekan menu “Rumah” atau “Kantor” dan tetapkan alamatnya. Opsi ini memiliki dua pilihan yaitu memasukkan alamat secara manual atau melalui peta.

Agar lebih akurat, pengguna bisa langsung memilih lokasi melalui peta. Pastikan titik lokasi yang akan dijadikan alamat rumah benar. Pengguna bisa memperbesar tampilan (zoom in) pada peta agar titiknya sesuai. Jika lokasi sudah tepat, tekan “Simpan” yang terletak di bagian bawah.

4. Selesaikan Proses Setelah Google Memberi Informasi

Alamat baru yang dimasukkan akan diproses oleh Google Map selama beberapa saat. Tunggu sampai proses ini selesai. Google akan memberikan informasi ‘Pin dipasang’ yang menandakan alamat tersebut telah ditandai sebagai rumah atau kantor yang dimaksud. Tekan ‘Selesai’ dan alamat rumah atau kantor telah resmi diubah.

Mengubah Alamat di Google Map Melalui Komputer/ Laptop

Ada sedikit perbedaan jika ingin merubah alamat Google Map di perangkat android dan laptop. Setelah melalui proses login Google Map di komputer/laptop, akan ada menu yang berlabel “tiga buah garis horizontal”. Klik menu tersebut dan pengguna bisa langsung menuju ke “Tempat Anda” dan cari pilihan “Berlabel”.

Agar lebih mudah, dalam kotak penelusuran pengguna bisa langsung mengetikkan “Rumah” atau “Kantor”. Jika tempat yang dituju telah muncul, klik “Edit” untuk merubah alamat sesuai yang diinginkan. Tahap setelah ini serupa dengan tahap pada ponsel android karena tinggal memasukkan alamat baru saja.

Itulah cara merubah alamat di Google Map sangat sederhana. Segera perbaharui alamat rumah atau kantor jika memang ada perubahan. Saat ini, banyak orang yang selalu berpatokan pada Google Map karena merasa layanan satu ini dinilai telah memberikan informasi yang

 

Leave a Reply