Cara Menyimpan Foto di Google Photos

Memory Penuh, Begini Cara Menyimpan Foto di Google Photos Paling Praktis

201 View

Cara menyimpan foto di Google penting sekali untuk menghindari kehilangan foto jika perangkat yang digunakan mengalami kerusakan. Kerusakan yang kami maksud bisa kerusakan software maupun hardware pada perangkat, misal Handphone atau Laptop.

Foto-foto penting yang penuh akan memori kenangan tentu sangat disayangkan jika hilang begitu saja tanpa backup. Dengan hanya menyimpan di perangkat smartphone maupun PC/laptop akan sangat rentan hilang karena banyak faktor. Anda bisa mengikut cara menyimpan foto di Google agar aman.

Manfaat Menyimpan Foto di Google Photos

Selain Google Drive, Anda juga bisa menyimpan foto agar lebih aman di Google Photos. Aplikasi ini merupakan produk Google yang khusus diperuntukkan untuk mengelola foto dan video. Dengan menggunakan platform ini, maka pengguna bisa mengorganisir foto yang ada di ponsel iPhone / Android.

Menariknya lagi, semua foto dan video yang sudah disimpan di Google Photos akan secara otomatis tersimpan di Google Drive. Sehingga Anda tidak perlu lagi backup file foto maupun video secara manual. Aplikasi ini biasanya juga sudah terinstal secara default di ponsel saat membelinya.

Jika belum terinstal, maka Anda bisa mengunduhnya secara gratis di Google Play Store. Saat selesai mengunduh, jangan lupa untuk izinkan aplikasi agar melakukan backup foto dan video pada ponsel. Bagaimana jika tidak muncul secara otomatis?

Keunggulan Menyimpan Foto di Google Photos

Cara Melihat Foto yang Tersimpan di iCloud

Semua file foto dan video yang sudah tersimpan secara online di Google Photos akan tersimpan selamanya meskipun file di smartphone sudah dihapus atau terhapus. Namun, pastikan Anda memiliki koneksi internet agar dapat membuka file yang disimpan tersebut.

Selain itu, Google Photos juga memiliki fitur menarik yakni kreasi album secara otomatis. Aplikasi ini dapat mengelompokkan foto dan video per wajah. Bahkan aplikasi ini juga sudah dilengkapi dengan fitur pencarian pintar.
Anda juga bisa melakukan pencarian berdasarkan nama file, kata kunci tempat, dan lainnya. Google Photos tidak hanya bisa diakses melalui smartphoen, namun juga PC atau laptop.

Cara Menyimpan Foto di Google Photos

Foto kenangan Anda akan selalu tersimpan di Google Photos dengan sangat baik dan aman. Berikut ini Cara menyimpan foto di Google yang harus diikuti untuk melakukan penyimpanan, yaitu:

  • Buka aplikasi Google Photos di smartphone
  • Login menggunakan alamat email dan kata sandi terdaftar
  • Ketuk foto profil atau inisial akun di pojok kanan atas
  • Pilih Setelan Foto
  • Pilih dan klik Pencadangan & Sinkronisasi
  • Ketuk untuk mengaktifkan fitur pencadangan
  • Setiap foto yang ada di perangkat akan tersimpan otomatis di Google Photos

Cara Pengaturan Google Photos Secara Manual

Biasanya pop up akan muncul di layar untuk memberi izin kepada aplikasi agar mendapatkan akses membuka file foto maupun video. Namun, jika pop up otomatis tersebut tidak muncul, maka Anda bisa mengikuti cara menyimpan foto di Google manual dengan cara sebagai berikut:

  • Buka menu Pengaturan atau Settings
  • Pilih opsi Back Up & Sync di bagian paling atas
  • Masuk ke pengaturan pe-back up-an data
  • Tulis alamat email untuk back up data
  • Pastikan untuk mengaktifkan fitur back up
  • Kustomisasi pengaturan sesuai kebutuhan
  • Pilih ukuran upload file atau Upload Size

Sangat disarankan untuk memilih kustomisasi ukuran high quality dibandingkan original. Karena biasanya opsi original malah akan memakan space memori di Google Drive. Jika memilih high quality maka Anda akan mendapatkan unlimited storage. Meskipun sudah dikompres, kualitas tetap tidak berkurang.

Adanya aplikasi ini tentu sangat bermanfaat khususnya bagi Anda yang mungkin tidak punya banyak waktu untuk melakukan backup. Dengan mengikuti cara menyimpan foto di Google seperti langkah-langkah di atas, maka kenangan dan memori akan tersimpan selamanya.

Leave a Reply