Worked, 2 Cara Menyimpan Foto di Google Drive

Cara menyimpan foto di Google Drive sangat mudah dilakukan siapa pun, termasuk Anda. Bagaimana caranya? berikut Ares Mobile bagikan  2 cara paling simpel dan mudah diaplikasikan pastinya.

Sebagaimana diketahui, kapasitas penyimpanan di ponsel maupun laptop biasanya cukup terbatas. Penuhnya memori penyimpanan cenderung menyebabkan kinerja perangkat menjadi lebih lemot ketika penuh file. Oleh karena itu, salah satu solusi untuk mengatasinya adalah dengan mengikuti cara menyimpan foto di Google Drive agar lebih lega.

Manfaat Menyimpan File di Google Drive

File-file yang Anda disimpan di perangkat ponsel maupun PC komputer lebih baik di-backup melalui Google Drive. Hal ini mengingat perangkat tersebut rentan terkena virus atau faktor lain yang menyebabkan kerusakan sehingga berdampak pada hilangnya file-file berharga.

1. Menghemat Penyimpanan di Perangkat Ponsel dan PC atau laptop

Dengan menyimpan file dokumen, foto, maupun video di Google Drive, maka Anda akan lebih menghemat penyimpanan di perangkat ponsel maupun PC/laptop. Sehingga kapasitas penyimpanan menjadi lebih lega dan kinerja perangkat pun menjadi lebih cepat.

Namun, perlu diingat bahwa setiap satu akun gmail memiliki kapasitas terbatas hanya sampai 15 GB saja untuk pemakaian gratis. Jika ingin mendapatkan kapasitas penyimpanan yang lebih banyak, maka Anda bisa membeli untuk versi premium atau membuat banyak akun gmail.

2. Memudahkan Berbagi File

Dengan kemudahan menyimpan file di Google Drive, Anda juga dimudahkan dalam berbagi file tersebut ke orang lain. Tidak perlu mengirim foto satu per satu melalui aplikasi chatting seperti WhatsApp, bluetooth, dan lainnya.
Anda bisa meminta mereka untuk mengunduh file yang diinginkan melalui link penyimpanan Google Drive yang telah diberikan. Pemilik akun Google Drive tersebut juga dapat mengundang orang lain untuk melihat, mengedit, dan bahkan memberi komentar pada file atau folder penyimpanan.

3. Backup File

Sekarang Anda tidak perlu khawatir kehilangan file lagi jika rajin mem-backup-nya menggunakan Google Drive. Tak bisa dipungkiri bahwa file yang disimpan di perangkat ponsel maupun PC atau laptop rentan hilang dan rusak karena virus atau kerusakan hardware maupun karena hilang dicuri. Dengan cara menyimpan foto di Google Drive pastinya kita sudah melakukan satu langkah pengamanan file penting tersebut.

Sehingga agar Anda tidak was-was lagi maka sangat disarankan untuk menyimpan semua file di Google Drive sebelum hal yang tidak diinginkan terjadi. Karena meskipun perangkat rusak, file yang tersimpan di Gdrive masih bisa dibuka selama masih ingat alamat email dan password-nya.

Cara Menyimpan Foto di Google Drive Termudah

Mengingat banyaknya menyimpan file di Google Drive, maka sudah saatnya Anda untuk melakukannya secara berkala. Pastikan email yang digunakan adalah email utama, jika email sekarang bukan email utama baiknya ganti email tersebut saat akan melakukan penyimpanan.

Cara Menyimpan Foto Secara Manual di Google Drive

Menyimpan foto secara berkala dengan manual mempunyai kelebihan dimana kita bisa memilih foto yang penting saja yang akan kita upload. Namun, kekurangannya dibutuhkan tenaga, waktu, dan kejelian memilih mana foto yang sudah disimpan dan mana yang belum.

Berikut ini langkah-langkah yang harus diikuti untuk cara menyimpan foto di Google Drive, yaitu:

  • Masuk ke aplikasi Galeri yangn ada di perangkat
  • Buka foto yang ingin disimpan di Google Drive
  • Pilih dan klik tombol Share
  • Scroll down dan klik Save to Drive
  • Ubah nama foto pada kolom Document Title
  • Ubah alamat email Google Drive pada kolom Account
  • Ubah folder penyimpanan pada Folder
  • Pilih dan klik Save di bagian bawah layar
  • File secara otomatis akan tersimpan di Google Drive

Cara Menyimpan Foto Secara Otomatis di Google Drive

Kebalikan dari cara di atas, penyimpanan dilakukan bisa kita gunakan cara otomatis. Untuk kelebihan dan kekurangannya pastinya berbanding terbalik pula. Jika ingin menyimpan foto secara otomatis, maka ikuti cara menyimpan foto di Google Drive berikut ini:

  • Unduh aplikasi Google Photos di PlayStore
  • Aktifkan Back up & sync melalui menu
  • Masuk ke pengaturan atau Settings
  • Pilih Back up & sync
  • Pilih aktifkan
  • Atur sinkronisasi Google Photos dengan G-Drive
  • Buka Settings di Google Photos
  • Aktifkan Google Drive di bagian Google apps

Dengan melakukan pengaturan tersebut, semua foto yang tersimpan di Google Photos akan tersimpan di Google Drive secara otomatis. Pastikan lagi email default home page browser yang digunakan sudah sesuai ya, terutama jika kita mengunakan di komputer kantor atau fasilitas publik lainnya.

Cara menyimpan foto di Google Drive di atas bisa Anda ikuti dengan sangat mudah. Jika takut lupa melakukan back up secara berkala, maka buat pengaturan secara otomatis.

Leave a Comment