Bingung? Nih Cara Mengubah Nama Email Google yang Worked

Daripada membuat baru, Anda bisa mengikuti cara mengubah nama email tanpa harus kehilangan data-data sebelumnya. Cari nama yang sekiranya terlihat profesional dan tidak mengandung kata-kata lebay. Mungkin, nama email yang sebelumnya dibuat terkadang tidak sesuai keinginan dan mungkin ada kesan alay.

Dampak Saat Mengubah Nama Email Google

Beberapa pengguna mungkin perlu menghapus akun google atau alternatifnya dengan cara mengubah nama email miliknya untuk kebutuhan profesional pekerjaan dan personal branding. Namun, apakah dengan mengubah alamat email nantinya akan menimbulkan dampak pada platform dan aplikasi yang sebelumnya menggunakan alamat tersebut? Ini yang perlu Anda ketahui dahulu.

1. Perlengkapan Otomatis

Dampak perubahan nama email terhadap perlengkapan otomatis tergantung dari apakah pengguna menyimpan alamat lama sebagai alias atau tidak. Saat cara mengubah nama email sudah dilakukan, maka alamat email lama disimpan sbagai alias, maka pengguna lain masih bisa melihat alamat email lama dan baru tersebut.

Sementara itu, jika Anda tidak menyimpannya sebagai alias email, maka pengguna tidak bisa melihat alamat lama sebagai opsi lain. Kecuali jika pengguna lain masih menyimpan alamat tersebut di dalam kontak mereka.

2. Kalender dan Acara

Acara yang sebelumnya dibuat menggunakan alamat email lama sebelum diganti, maka yang akan ditampilkan adalah alamat lama. Sedangkan untuk acara yang dibuat setelah alamat diubah, maka yang akan ditampilkan adalah alamat email baru.

3. Chrome OS

Pengguna akan mendapati alamat dan profil pada Chrome mereka dengan yang baru secara otomatis. Terlebih jika sebelumnya telah melakukan update Google Chrome. Semua data baru akan disinkronkan segera oleh Google.

4. Google Voice

Nomor Google Voice nantinya akan dikaitkan dengan alamat email baru.

5. Akun Developer Google Play

Akun Developer Google Play dengan nama alamat email sebelumnya akan menjadi usang jika diganti ke alamat yang baru. Oleh karena itu, minta untuk transfer aplikasi dari akun lama terlebih dahulu atau buat akun developer baru dengan alamat email yang baru saja diganti.

6. Google Group

Semua grup tempat di mana pengguna menjadi anggota akan diperbarui alamat emailnya dengan yang baru.

7. Google Kontak

Nama profil dalam Direktori organisasi akan langsung otomatis diperbarui dengan alamat email yang baru. Jika ada pengguna lain yang mengirim email ke alamat baru, pesan tersebut akan langsung terkirim ke alamat email baru dan secara otomatis ditambahkan ke Kontak Lainnya.

Cara Mengubah Nama Email Google

Alamat email memiliki fungsi yang sangat penting bagi pengguna untuk mengakses Google PlayStore maupun AppStore. Ada beberapa alasan pemilik akun gmail ingin mengubah alamatnya. Berikut ini langkah-langkah yang bisa Anda ikuti untuk cara mengubah nama email, di antaranya:

1. Melalui Menu Account

Menu Account merupakan salah satu menu yang terdapat di pengaturan atau setting. Langkah-langkah untuk mengganti alamat email dengan yang baru adalah sebagai berikut:

  • Buka menu pengaturan atau setting di smartphone
  • Pilih dan klik menu Account
  • Pilih Google
  • Pilih nama akun yang akan diganti alamatnya
  • Klik Remove Account
  • Kembali ke menu Gmail
  • Login dengan akun yang lain

Dengan cara di atas, maka secara otomatis nama email yang akan masuk di perangkat adalah alamat baru.

2. Melalui Menu Aplication Manager

Selain menggunakan menu Account, Anda juga bisa memanfaatkan menu Aplication Manager yang terdapat pada Setting atau Pengaturan. Berikut ini langkah-langkahnya:

  • Buka menu setting atau pengaturan
  • Pilih menu Application Manager
  • Cari Google Aps
  • Pilih Clear Data
  • Akan muncul peringatan “all information you’ve saved will be deleted permanently”
  • Klik OK
  • Buka gmail dan login menggunakan alamat yang baru

Cara mengubah nama email di atas sangat mudah untuk diikuti. Anda bisa mencobanya di perangkat smartphone yang dimiliki.

Leave a Comment