Cara Menghemat Baterai HP Xiaomi Agar Tahan Lama

Pada kesempatan kali ini akan dibahas tentang Cara Menghemat Baterai HP Xiomi. Dulunya baterai sebuah handphone hanya sebatas 1000mAh, kemudian sekarang sudah lahir ponsel berkapasitas hingga 6000mAh terutama Xiaomi, karena telah disesuaikan dengan kebutuhan. Ada Cara Menghemat Baterai HP Xiomi sebab penggunaan yang ekstrem tetap menjadikannya boros.

Mengenal Xiaomi

Xiaomi adalah ponsel cerdas berasal dari China yang diluncurkan pada 6 April 2010 lalu. Merek ini terkenal karena performa processornya yang mumpuni untuk tugas berat seperti game, kamera jernih dengan sensor dan IOS tajam, hingga kapasitas baterai gila-gilaan.

Terkhusus untuk baterai, mungkin Xiomi merupakan pembuka jalan bagi merek-merek lainnya sehingga mereka membuang ponselnya dengan kapasitas yang juga besar akibat persaingan pasar. Terbukti, pada 2019 ia berhasil menyabet predikat sebagai ponsel terlaris nomor 1 di Indonesia.

Cara Menghemat Baterai HP Xiaomi 

Penggunaan ponsel secara nonstop tetap membuat baterai cepat habis meskipun kapasitas yang diberikannya besar. Apalagi jika Anda sedang jauh dari pengisi daya dan tidak membawa powerbank, padahal ada pekerjaan yang harus diselesaikan. Berikut Cara Menghemat Baterai HP Xiaomi :

1. Menghidupkan Mode Hemat Daya

Cara Menghemat Baterai HP Xiaomi dengan mode hemat data. Ia bekerja dengan meredupkan cahaya meskipun dengan tingkat keterangan yang sama, kemudian menghentikan aplikasi bekerja pada latar belakang, meminimalkan kerja CPU dan GPU ponsel. Berikut langkah-langkah mengaktifkannya:

  • Buka kunci layar pada ponsel Xiaomi Anda.
  • Gulir ke menu utama.
  • Pilih pengaturan pada layar ponsel Anda.
  • Klik menu Baterai & Performa.
  • Pilih Kelola penggunaan baterai & apl.
  • Pilih Kelola penggunaan baterai apl.
  • Pilih untuk mengaktifkan mode Penghematan baterai.
  • Ponsel Anda kini dapat lebih lama menyala.

2. Menghidupkan Mode Hemat Daya Ultra

Cara Menghemat Baterai HP Xiaomi berikutnya sangat berbeda dengan yang satunya. Penghematan ini membatasi pemakaian ponsel secara ekstrim, hanya mengaktifkan beberapa aplikasi seperti SMS, panggilan, internet, dan pengaturan. Anda bisa menambahkan beberapa menu lain sebanyak 4 saja.

  • Buka kunci layar pada ponsel Xiaomi Anda.
  • Gulir ke menu utama.
  • Pilih pengaturan pada layar ponsel Anda.
  • Klik menu Baterai & Performa.
  • Pilih Kelola penggunaan baterai & apl.
  • Pilih Kelola penggunaan baterai apl.
  • Pilih untuk mengaktifkan mode Penghematan baterai ultra.
  • Ponsel Anda kini dapat lebih lama menyala.

Baca juga : Cara Mengembalikan Chat Telegram yang Terhapus di PC dan Ponsel

Tips Cara Menghemat Baterai HP Xiaomi

Mode Hemat daya saja sebenarnya belum bisa menekan konsumsi baterai ponsel Xiaomi secara optimal. Perlu tindakan lanjut agar bisa bertahan lebih lama lagi. Anda harus melakukan beberapa tips and trik seperti di bawah ini:

1. Gunakan Mode Gelap

Cara Menghemat Baterai HP Xiaomi yang pertama adalah dark mode, ia merupakan fitur baru yang telah ditambahkan pada MIUI 11 dan 12. Cara kerjanya adalah, dengan mengubah tampilan ponsel Anda menjadi serba hitam dan menjadikan tampilan Xiaomi lebih elegan.

Alasan dark mode dapat menghemat daya, karena berkaitan dengan prinsip kerja layar smartphone IPS/OLED/AMOLED. Warna putih membuat ponsel bekerja lebih keras untuk memancarkan cahaya. Sedangkan hitam tidak, karena mematikan atau meredupkan panel pencahayaan

2. Menonaktifkan Mode Sinkronisasi

Cara Menghemat Baterai HP Xiaomi kedua dengan mematikan sinkronisasi otomatis, ia akan memakan banyak kuota serta merupakan bentuk dari pemborosan baterai. Semua akun yang ada pada ponsel Anda akan tersinkronisasi beberapa menit sekali.

Prinsip kerjanya yang seperti itu membuat ponsel tetap bekerja walau dalam keadaan layar mati, ibarat laptop hanya di sleep saja. Sinkronisasi otomatis biasanya akan mendeteksi beberapa kesamaan pada setiap aplikasi seperti kontak agar semuanya terhubung menjadi satu.

3.Tutup Aplikasi Latar Belakang

Sehabis Anda keluar dari sebuah aplikasi, mereka tetap berjalan pada latar belakang. Alasanya pengembang menyediakan fitur ini karena ingin memudahkan user berpindah dari satu ke yang lainnya hanya dengan satu kali swipe atau klik pada tombol.

Namun hal tersebut malah membuat kinerja ponsel menjadi lemot dan menguras daya baterai apabila menumpuk banyak. Cara menghemat baterai hp Xiaomi selanjutnya sebisa mungkin setelah Anda keluar dari aplikasi, hentikan mereka dari latar belakang dengan cara menekan salah satu tombol pintas, lalu klik tutup aplikasi.

4. Menonaktifkan GPS

Cara Menghemat Baterai HP Xiaomi   keempat adalah tidak membiarkan GPS aktif bersamaan dengan data seluler karena membuat ponsel cepat panas dan baterai mudah terkuras? hal tersebut terjadi sebab ia bekerja sebagai pelacak lokasi terkini secara real-time.

Seperti ketika Anda menggunakan aplikasi google maps untuk pergi ke suatu tempat, atau saat menggunakan ojek online, GPS membutuhkan tenaga yang ekstra karena setiap saat membarui lokasi berdasarkan keberadaan Anda. Gunakan saja bila sangat diperlukan saja.

5. Meminimalkan Tingkat Kecerahan HP Xiaomi Anda

Setiap Anda menggeser panel cahaya hingga maksimum, akankah ponsel Anda memberi peringatan seperti ini “Penggunaan kecerahan tinggi dalam waktu lama meningkatkan konsumsi baterai”? tentu saja itu tidak bercAnda, bisa buktikan sendiri.

Layar pada ponsel Anda memancarkan cahaya dari panel yang ada di balik layar. Semakin cerah, makan ia bekerja lebih keras untuk memberikan pencahayaan yang sangat terang. Gunakan mode gelap jika handphone ada sudah support.

Baca juga : Cara Mengembalikan Facebook yang Hilang dan Penyebabnya

Cara Menghemat Baterai HP Xiaomi Menggunakan Aplikasi

Anda tipe orang yang inginya pol-polan? Menganggap mode hemat daya milik Xiaomi masih belum cukup bahkan setelah melakukan tips-tips di atas tetap boros. Cobalah untuk menginstal beberapa aplikasi penunjang ini pada google play.

1. Greenify

Aplikasi penghematan daya ini dipelopori oleh Oasis Feng salah Zhejiang China. Sudah diulas sebanyak 321 ribut kali dengan 4,2 bintang. Ukurannya kecil, hanya 4,2 MB saja, ia telah diunduh 10 juta kali oleh user global.

Greenify ini sebenarnya dikategorikan sebagai aplikasi pengelola RAM. Karena cara kerjanya dengan menidurkan aplikasi-aplikasi tidak terpakai lama, ia dapat menghemat konsumsi baterai dan juga CPU pada ponsel Anda.

2. KeepClean

Aplikasi ini diinovasikan oleh perusahaan bernama APPS INNOVA asal Hong Kong. Sudah mendapatkan ulasan sebanyak 1 juta kali dengan 4,6 bintang. Ukurannya cukup besar, hingga 26MB, telah diunduh 50 juta kali oleh user global.

Keep Clean sebenarnya merupakan aplikasi pembersih cache, tapi ia dilengkapi dengan beberapa fungsi tambahan seperti booster RAM dan game, anti virus, penghematan baterai, pendingin CPU, serta manajemen gambar.

3. AccuBattery

Aplikasi kali ini bernama AccuBattery, dikembangkan oleh Digibytes yang bermarkas di Belanda. Sudah mendapatkan ulasan sebanyak 319 ribu kali dengan 4,6 bintang. Ukurannya relatif kecil, hanya 7,8 MB saja, ia sudah diunduh 10 juta kali oleh user global.

Aplikasi ini memiliki banyak sekali fitur-fitur yang ditawarkan. Mulai dari perpanjangan usia baterai hingga 200%, alarm pengecasan agar tidak overcharge, terdapat info mengenai kesehatan baterai, melacak penggunaan aplikasi konsumsi tinggi, hingga kecepatan pengisian daya ponsel. 

Kini Anda dapat bepergian dengan tenang karena sudah tahu Cara Menghemat Baterai HP Xiaomi yang benar. Sebenarnya ada manfaat tersembunyi juga loh, yaitu ponsel lebih sehat karena pemakaian wajar. Barang elektronik juga ingin dirawat dan dimengerti.

cukup sekian dulu ulasan dari Aresmobile kali ini tentang cara menghemat baterai hp Xioami, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Leave a Reply