Berbagai Cara Mengembalikan Facebook yang Hilang dan Penyebabnya

Facebook merupakan salah satu jejaring sosial populer sejak tahun 2010, manfaat kehadiran nya telah dirasakan banyak orang di seluruh dunia. Terutama bagi mereka yang berbisnis menggunakannya. Pasti repot jika akun sirna secara tiba-tiba, Anda harus tahu cara mengembalikan Facebook yang hilang.

Tentang Facebook

Tercipta pada tahun 2004 dari keisengan sang developer Mark Zuckerberg, kini telah menjadi jejaring sosial dengan pengguna terbanyak di dunia, mencapai 1 milyar user aktif. Cara pengoperasiannya mudah, tampilan yang elegan, dan berbagai macam fitur diberikan seperti chat dan grup komunitas.

Facebook dimanfaatkan sebagian orang untuk menghasilkan uang. Seperti memulai bisnis berjualan, hingga konten kreator. Tidak hanya diperuntukan sebagai media bersenang-senang saja, terdapat multiplier effect yang dirasakan oleh user secara tidak langsung karena keberadaanya.

Berikut Cara Mengembalikan Facebook yang Hilang 

Facebook memiliki ketentuan privasi yang sebenarnya sangat rumit, Anda diminta menyetujui semua itu ketika pertama kali mendaftar. Selain faktor eksternal, kesalahan penggunaan dapat membuat akun Anda sirna, jika itu terjadi, berikut ini adalah tips and trik mengembalikan Facebook yang hilang seperti di bawah ini:

1. Mengajukan Banding kepada Facebook

Ketika akun Anda telah diblokir oleh Facebook, cobalah untuk mengajukan banding kepada pihak pengelola. Biasanya, Anda akan menerima pemberitahuan penutupan atau pemblokiran. lewat email yang tertaut. Cara mengembalikan Facebook yang hilang ini di bali paling efisien di antara lainnya.

  • Buka email dari Facebook yang menjelaskan penutupan akun Anda.
  • Cari opsi “Ajukan Banding” pada body email.
  • Klik tautan “Ajukan Banding”.
  • Anda akan diarahkan pada website pengajuan banding.
  • Anda harus mengisi alasan untuk mengembalikan akun Anda.
  • Tulis alasan yang dapat meyakinkan Facebook.
  • Klik opsi kirim.
  • Kembali ke form pengajuan banding.
  • Tunggu hingga Anda mendapatkan konfirmasi banding berhasil dikirim.

2. Mengajukan Permohonan Pengaktifan Kembali

Apabila cara diatas dirasa kurang membantu karena sudah berhari-hari tidak kunjung mendapat kepastian dari Facebook. Ada cara mengembalikan Facebook yang hilang jalur lain, tentunya sama-sama ampuh karena Anda dapat terhubung langsung dengan pengelolanya.

  • Buka website Facebook
  • Masuk pada menu permohonan pengaktifan kembali akun Facebook.
  • Anda dapat mengakses alamat https://m.facebook.com/help/ (handpone)
  • Sedangkan untuk PC dapat mengakses https://web.facebook.com/help/ 
  • Klik tautan di atas, tunggu hingga jendela Recovery muncul.
  • Masukan email dan nomor handphone yang terdaftar pada akun Anda.
  • Isikan dengan nama lengkap Anda sesuai kartu identitas.
  • Tekan upload jika Anda sudah menyelesaikan semua tahap.
  • Anda akan diminta mengupload data penunjang.
  • Unggah kartu identitas Anda, dapat berupa SIM atau KTP.
  • Setelah sukses terupload, klik kirim.
  • Tunggu hingga Facebook mengkonfirmasi.
  • Jika Anda mendapat SMS atau email resmi, masuk ke link yang tertera.
  • Lakukan peresetan kata sandi untuk mengaktifkan akun Anda kembali.

Baca Juga : Cara Memindahkan Kontak ke Kartu SIM, Gampang Banget

Penyebab Akun Facebook Hilang

Facebook memiliki sistem lisensi dan keamanan privasi. Gerakan yang mencurigakan dan pelanggaran kebijakan menyebabkan tidak bisa diaksesnya sebuah akun. Sebab itu mereka juga mencantumkan cara mengembalikan Facebook yang hilang. Berikut ulasan mengenai penyebabnya:

1. Terlalu Banyak Menambahkan Teman

Facebook juga memiliki limit untuk penambahan teman dalam waktu singkat, misal hanya bisa add sekitar 1000 orang selama satu hari. Kejanggalan yang Anda lakukan dapat membuat sistem membaca pergerakan tersebut dilakukan oleh robot. Ia menganggap bahwa perbuatan itu bentuk spamming.

Untuk menghindarinya, Anda bisa melakukan penambahan teman kurang dari 50 orang setiap harinya. Apabila takut kehilangan akun yang dicari, lakukan simpan profil, atau menyalin link untuk kemudian ditambahkan pada lain waktu. Cara simpelnya, tinggal screenshot saja otomatis tersimpan di galeri

2. Terlalu Banyak Menyukai Postingan

Ini yang biasanya dialami oleh user Facebook dahulu, selalu memberikan like di postingan setiap orang agar mendapatkan feedback seperti status Anda disukai balik. Ternyata hal tersebut dianggap sebagai bentuk spamming oleh sistem Facebook. Parahnya, akun Anda bisa hilang.

Untuk mencegahnya, biasakan diri hanya menyukai postingan bermanfaat atau postingan menarik saja, skip unggahan tidak berguna. Jika ternyata sudah terlanjur, cara mengembalikan Facebook yang hilang tersedia agar akun Anda dapat digunakan kembali tanpa kendala.

3. Menggunakan Nama Palsu pada Akun Anda

Beberapa waktu yang lalu Facebook memperbarui kebijakan layanan mereka, salah satunya aturan mengenai pemberian nama. Sistem menganggap bahwa akun bernama palsu itu anonim, alias tidak bertuan. Sudah banyak orang yang merasakannya, ketika tiba-tiba kehilangan akses pada berAnda.

Apabila Anda masih ngotot mau menggunakan nama palsu karena kebutuhan stalking akun mantan, ada baiknya jangan pakai tokoh fiksi atau jabatan yang tidak wajar, misalnya Presiden Konohagakure. Sebaiknya hindari kalimat-kalimat aneh, contohnya “Aku Sang Pangeran Dunia Paralel”.

4. Mengirim Pesan Terlalu Banyak ke Berbagai Akun

Mungkinkah Anda seorang entrepreneur yang menjual produk di Facebook? Membalas tumpukan chat sepertinya sudah menjadi hal yang biasa tentunya. Banyak pesanan masuk, calon customer bertanya-tanya, mengajukan komplain, melakukan promosi secara personal, dan masih banyak lagi.

Sayangnya kegiatan tersebut dapat membuat akun Anda menghilang karena juga dianggap sebagai tindakan spamming. Jika ternyata terlanjur dinonaktifkan, bisa melakukan cara mengembalikan Facebook yang hilang seperti diatas agar bisnis Anda kembali lancar.

5. Terkena Copyright

Anda suka mengunggah video kompilasi dengan menggunakan musik latar belakang viral? Hati-hati, sistem Facebook dapat mendeteksi adanya pelanggaran hak cipta. Masih mending jika hanya penghapusan konten dan diberi peringatan, jika ternyata akun yang dihapus?

Konten bisa dibuat dengan menggunakan musik latar belakang yang free copyright kok, bisa cari di youtube dari pada akun dinonaktifkan. Mungkin Anda pernah mengunggah sesuatu berbau-bau hak cipta? cara mengembalikan Facebook yang hilang dapat membantu kalau ternyata telah terjaring razia.

Baca juga : Daftar Aplikasi Nonton Anime Sub Indo Paling Baru

Cara Mencari Akun Facebook yang Menghilang

Ada cara untuk memastikan apakah Facebook Anda hilang, nonaktif, atau dihack. Tinggal mencarinya dengan beberapa teknik, namun tidak semua dapat bekerja karena perbedaan kasus seperti akun yang sirna itu permanen atau temporer.

1. Melakukan Pemeriksaan Menggunakan Email dari Facebook

Akun yang diblokir oleh pihak pengelola biasanya akan mendapat pemberitahuan melalui email yang terpasang. Apabila Facebook Anda tidak dapat diakses namun belum ada surat elektronik yang masuk, periksa pada folder spam atau sampah.

Apabila terbukti akun Anda telah dinonaktifkan, cara mengembalikan Facebook yang hilang tertera pada badan email. Ajukan banding kepada pihak pengelola agar Anda dapat berselancar kembali dengan nyaman.

2. Periksa Menggunakan URL Profil

Setiap akun memiliki URL berisi alamat akses singkatnya. Berisikan nama pertama yang Anda pakai, buatlah salinan sebagai langkah pencegahan apabila terjaring razia pembersihan dari Facebook. Hal ini sangat berguna jika Facebook diretas oleh oknum tidak bertanggung jawab.

URL ini tidak akan berganti meskipun telah mengubah nama berkali-kali. Bisa dikatakan cara ini merupakan pintasan yang tepat sasaran untuk menemukan sebuah akun diretas. Jika tidak bisa dicari, berarti memang dihapus oleh Facebook.

Cara mengembalikan Facebook yang hilang dihadirkan untuk membantu Anda. Tapi jangan pernah menyepelekan fitur itu, seperti menganggap enteng dengan bermain-main dengan Facebook. Bukan itu tujuan utamanya.

Cukup sekian dulu ulasan dari Aresmobile kali ini tentang cara mengembalikan Facebook yang hilang, semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda.

Leave a Comment