Cara Mengatur Margin Di Word 2010 yang Tidak Ribet

Ketika akan mengetik naskah, tentunya harus mengetahui terlebih dahulu teknik merapikan teks. Termasuk memahami cara mengatur margin di Word 2010 yang terbilang lebih mudah jika dibandingkan dengan yang lain. Untuk itu, pada narasi berikut ini, akan dijelaskan tentang teknik mengatur margin di Word 2010. Silakan disimak siapa tahu bisa bermanfaat. Ini dia cara-cara yang dimaksud:

1. Cara Mengatur dengan Setting Bawaan

Sejatinya, Microsoft Windows 2010 telah menyediakan fitur Setting Margin yang bisa langsung digunakan. Tak hanya itu, jika menggunakan teknik ini, proses pengaturan margin juga jauh lebih mudah.

Untuk menggunakan cara ini, silakan pilih tool Page Setup, lalu klik Margin. Setelah itu, perhatikan jendela baru yang muncul yang isinya seputar kategori pengaturan Margin. Silakan dipilih New Margin lalu klik Custom Margins. Akhiri dengan klik Set As Default.

2. Cara Mengatur Margin dengan Ukuran Tertentu

Teknik atau cara mengatur margin di Word 2010 yang selanjutnya ialah cara mengatur dengan ukuran tertentu. Cara ini biasanya digunakan jika ada desain khusus terhadap lembar kerja yang akan diisi teks atau naskah di dalamnya.

Untuk menerapkan cara ini, silakan tetap masuk ke menu Page Setup yang berada di bagian atas dari layar. Setelah itu, klik lalu akan muncul tool Margin, klik lagi sampai keluar galeri Margin. Selanjutnya tinggal memilih Custom Margins lalu ketikkan ukuran margin yang diinginkan.

3. Cara Mengatur Margin untuk Halaman yang Berhadapan

Jika ingin mengatur margin untuk dua halaman yang saling berhadapan, maka caranya jauh lebih rumit jika dibandingkan dengan cara-cara sebelumnya. Paling tidak pengguna harus mengetahui posisi kanan dan kiri dari dua lembar kerja yang akan digarap.

Cara mengatur setting margin dengan format di atas, maka silakan masuk ke fitur Page Layout lalu pilih Margins. Jika sudah muncul jendela baru, silakan klik Mirrored. Silakan masukkan ukuran margin di sana lalu Klik Oke.

4. Cara Mengatur Margin dengan Menambahkan Gutter

Jika ingin membuat lembar kerja yang benar-benar pas serta agar mudah ketika dilakukan proses penjilidan, maka coba lakukan setting dengan menambahkan gutter ke dalam margin. Untuk pengaturan setting margin semacam ini, coba masuk ke Tab Page Layout yang berada di baris menu bar bagian atas.

Setelah itu, Klik Margins lalu pilih Custom Margins. Nah, di bagian atas ada kotak Gutter silakan atur ukurannya sesuai keinginan. Jika sudah selesai tab kotak Gutter Position lalu Klik Left bisa juga dengan menekan fitur Top. Akhiri dengan klik Oke agar pengaturan yang telah dilakukan bisa tersimpan secara otomatis di dalam lembar kerja.

5. Cara Mengatur Margin agar Muncul halaman Margin di Lembar Kerja

Untuk berikutnya akan dijelaskan satu tips menampilkan halaman margin di lembar kerja. Bentuknya serupa garis lurus di bagian atas yang terdapat berbagai nomor ukuran seperti yang telah diformat atau diatur sebelumnya.

Sedangkan untuk teknik ini, silakan masuk ke tab File lalu tekan Options. Setelah itu, klik Advance lalu centang Show Text Boundaries. Jika sudah selesai, kembali ke lembar kerja, pasti di bagian atas akan muncul ukuran margin yang diinginkan.

Itulah beberapa cara mengatur margin di Word 2010 yang paling mudah. Nah, silakan diterapkan teknik di atas, jika ingin ketikan naskah lebih rapi dan menarik bagi pembacanya. Pastikan gunakan cara yang sesuai dengan kebutuhan, ya!

 

Leave a Reply

%d bloggers like this: