cara mengatasi YouTube lemot

Cara Mengatasi Youtube Lemot di Android dengan Mudah

87 View

YouTube memiliki banyak sekali konten dan tontonan yang menarik. Namun pastinya banyak sekali pengguna yang akan merasa kesal lantaran YouTube mengalami buffering atau lemot saat ditengah-tengah asiknya menonton video. Siapa sangka jika ternyata terdapat solusi untuk mengatasi ini. Berikut, cara mengatasi YouTube lemot di Android yang dapat dicoba:

1. Periksa Kecepatan Internet

Langkah pertama yang paling mendasar untuk dicoba adalah dengan memeriksa kecepatan internet. Internet yang lemot pastinya akan mempengaruhi video YouTube yang sedang ditonton. Sesuaikan kualitas video dengan kecepatan internet agar sebanding dan YouTube tidak mengalami buffering lagi. Sebab, semakin tinggi kualitas video yang ditonton, maka kecepatan internet yang dibutuhkan juga harus tinggi. Alangkah lebih baik, jika saat menonton video di YouTube memakai resolusi yang rendah saja agar dapat menonton video dengan tetap stabil tanpa hambatan.

2. Atur Kualitas Video

Cara mengatasi YouTube lemot di Android kedua adalah dengan mengatur kualitas video. Tidak dapat dipungkiri jika semakin tinggi resolusi sebuah video pastilah akan lebih bagus, namun akan menjadi masalah jika semakin tinggi kualitas video malah akan membuat video terjeda dan mengalami Buffering.

Cara efektif yang dapat dilakukan adalah dengan menurunkan kualitas video. Terdapat banyak sekali pilihan yang dapat dipilih, yakni resolusi 144p, 240p, 360p, 480p, 720p, 1080p, hingga video 8K. Perlu diingat jika semakin tinggi resolusi makan akan semakin baik kualitas video, dan semakin bagus kualitas video maka internet yang dibutuhkan pun juga harus berkecepatan tinggi agar video tidak lemot di tengah jalan. Cara mengaturnya cukup mudah, yakni:

  • Bukalah YouTube pribadi
  • Cari video yang ingin ditonton
  • Ketuk icon titik tiga yang terletak di pojok kanan atas
  • Ubah saja resolusi video
  • Jika koneksi lambat, maka pilih saja resolusi yang rendah

3. Ganti Koneksi Internet

Langkah ketiga yang dapat dicoba adalah dengan mengganti koneksi Internet. Jika sedang menggunakan kuota internet, maka ganti koneksi menggunakan wifi, barangkali paket data internet telah habis. Atau jika memakai wifi, maka cobalah untuk mengganti koneksi dengan paket data. Bisa saja wifi yang digunakan sedang mengalami trouble.

4. Hapus Cache YouTube

Cara lain yang dapat dilakukan adalah dengan menghapus cache akun YouTube. Cache yang berlebihan akan membuat YouTube mengalami lemot, lantaran semakin banyak cache maka YouTube akan semakin lemot. Cara ini ternyata cukup efektif, langkah pertama yang harus dilakukan adalah login akun Youtube, lalu klik ikon titik tiga yang terletak pada pojok kanan atas. Ketuk menu setelan dan pilih menu history dan privacy. Selanjutnya tinggal hapus saja riwayat penelusuran dan riwayat tontonan.

5. Gunakan YouTube Go

Menggunakan YouTube Go menjadi cara berikutnya. Aplikasi ini memungkinkan bagi pengguna untuk menikmati tontonan YouTube tanpa takut mengalami buffering dan membuat pengguna menjadi irit kuota internet sebab terdapat fitur canggih yakni fitur kontrol pemakaian data internet. Tak hanya itu, aplikasi ini juga akan mengirit penyimpanan ponsel. YouTube jenis ini dapat diunduh melalui play store. Melalui aplikasi ini , pengguna dapat menikmati tontonan YouTube tanpa takut lemot dan buffering lagi.

Itulah beberapa cara mengatasi YouTube lemot di Android yang dapat dicoba. Sekarang tak perlu lagi khawatir akan terganggu dengan video yang terjeda, lemot dan buffering lagi!i. Ikuti saja langkah-langkah di atas dan rasakan kenyamanan menonton YouTube tanpa harus terganggu lagi.

Selamat mencoba!

 

Leave a Reply