Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasi Touchscreen Ngangkat yang Bisa Dilakukan Sendiri di Rumah

Jika mengetahui touchscreen pada ponsel terbuka atau terangkat, jangan dulu panik dan buru-buru membawanya ke tempat service. Ketahui dahulu penyebabnya agar tidak terjadi lagi di kemudian hari. Kemudian cobalah untuk cari cara mengatasi touchscreen ngangkat yang bisa dilakukan sendiri.

Selain lebih hemat karena bahan yang digunakan tidak mahal, pengguna akan menghargai usaha sendiri dengan lebih berhati-hati dalam memakai ponsel. Sebelum melangkah ke cara mengatasi touchscreen ngangkat, ketahui terlebih dahulu kemungkinan penyebabnya.

Penyebab Layar Touchscreen Ngangkat

Selain karena penggunaan ponsel yang sembarangan, ada beberapa kemungkinan yang menyebabkan masalah ini. Salah satunya karena baterai yang menggelembung. Sayangnya, bagi pengguna ponsel dengan baterai tanam, baterai tidak bisa dilepas dengan mudah. Jika touchscreen terangkat karena ini, segera lepas baterai di service terdekat karena baterai yang menggelembung tidak baik untuk ponsel.

Penyebab kedua bisa jadi karena ponsel pernah terjatuh yang menyebabkan touchscreen terlepas. Jika ponsel yang terjatuh tidak mengalami masalah pada sistem dan tombol masih berfungsi normal, mengatasi touchscreen yang ngangkat bisa dilakukan sendiri. Perekat yang akan digunakan juga mudah ditemukan di pasaran.

Cara Mengatasi Touchscreen Ngangkat yang Ampuh

Setelah mengetahui kenapa layar touchscreen bisa ngangkat, kini saatnya memperbaiki touchscreen tersebut. Cara mengatasi touchscreen ngangkat ini dapat dilakukan di rumah tanpa perlu pergi ke tempat service perangkat elektronik. Namun, tetap harus berhati-hati saat melakukannya. Langsung saja berikut langkah-langkahnya:

1. Siapkan Double Tape atau Lem Perekat Mechanic B7000

Hal pertama yang harus dilakukan ialah menyiapkan alat perekatnya terlebih dahulu. Ada beberapa perekat yang bisa dicoba seperti double tape biasa, double tape bermerek 3M dan lem mechanic B7000. Untuk double tape 3M dan lem mechanic B7000 memang dikhususkan untuk perekat LCD ponsel.

Double tape biasa tetap bisa digunakan jika touchscreen tidak terangkat cukup lebar. Dua jenis double tape ini lebih mudah digunakan dari pada lem mechanic B7000 yang berbentuk cair. Hanya saja, menggunakan double tape biasa memungkinkan layar touchscreen mudah terangkat kembali.

2. Bersihkan Ponsel Terlebih Dahulu

Tahap penting selanjutnya yaitu membersihkan ponsel. Jangan sampai ketika sedang merekatkan touchscreen, ponsel dalam keadaan kotor. Ini bisa menyebabkan kotoran ikut masuk ke dalam ponsel dan akan lebih sulit dibersihkan.

Gunakan tisu atau lap yang lembut untuk membersihkan touchscreen serta bagian yang terangkat. Lap bagian dalam dan jangan didorong ke dalam. Hal ini mencegah kotoran semakin masuk ke dalam ponsel.

3. Usahakan Memasang Touchscreen Secara Teliti dan Hati-hati

Lem perekat sudah disiapkan, ponsel sudah bersih, kini saatnya memasangkan layar touchscreen. Tahap ini membutuhkan kesabaran karena ponsel merupakan perangkat yang cukup mungil. Agar hasilnya rapi dan tidak terlihat bekas perekat, hati-hati saat memasangnya.

Perhatikan letak perekat dan jangan sampai menutupi layar agar sensitivitas touchscreen tidak berkurang. Bagi yang menggunakan lem mechanic B7000, oleskan lem sedikit-sedikit. Lem yang menutupi bagian touchscreen akan menghambat input perintah yang diberikan.

4. Pastikan Touchscreen Telah Terpasang Sempurna

Setelah salah satu sisi diberi perekat, segera rekatkan kedua sisinya agar tidak ada debu yang masuk. Bagi yang menggunakan double tape gunting bagian double tape yang tersisa. Bagi yang menggunakan lem mechanic B7000, jika ada sisa lem yang keluar setelah kedua sisi direkatkan, segera lap sisa tersebut sebelum mengering.

Tekan dengan lembut agar lem merekat sempurna dan tunggu sampai lem benar-benar kering sebelum ponsel digunakan lagi. Setelah itu, cek apakah touchscreen masih berfungsi dengan baik terutama di bagian yang direkatkan. Melalui langkah terakhir ini touchscreen sudah selesai direkatkan kembali.

Sebenarnya cara mengatasi touchscreen ngangkat ini tidaklah sulit. Namun jika pengguna merasa ragu untuk melakukannya sendiri, serahkan masalah ini pada ahlinya dan tentu perlu merogoh kocek lebih dalam. Tertarik untuk mengatasi masalah ini sendiri? Semoga bermanfaat dan semoga berhasil!

 

 

Leave a Reply

%d bloggers like this: