6 Cara Mengatasi Sinyal Lemot Indosat yang Wajib Dicoba

Salah satu provider yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia adalah Indosat. Banyak orang mengatakan bahwa harga berbagai paket yang ada di Indosat terjangkau, sehingga nyaman digunakan oleh berbagai kalangan. Namun terkadang ada masalah pada sinyal. Hampir semua provider dapat mengalaminya dan tentu hal ini sangat mengganggu aktivitas pemakaian hp. Di sini akan dijelaskan beberapa cara mengatasi sinyal lemot Indosat yang wajib diketahui:

1. Mengaktifkan Mode Pesawat

Aktifkan mode pesawat, sehingga seluruh jaringan otomatis akan dimatikan untuk sementara. Hal ini bukan tanpa alasan, tapi menjadi pertolongan pertama yang paling mudah untuk mengatasi sinyal Indosat lemot. Setelah menyalakan mode pesawat, biarkan selama beberapa menit kemudian matikan kembali. Melalui metode ini akan terjadi koneksi ulang pada jaringan menggunakan IP baru. Biasanya sinyal akan normal kembali setelah melakukan ini.

2. Mendiamkan Hp

Hentikan penggunaan hp untuk sementara waktu. Apabila hp digunakan dalam waktu yang berkepanjangan, lama kelamaan suhunya akan bertambah. Aktivitas yang berat seperti itu sinyal bisa ikut terkena imbasnya dan menjadi lemot. Tidak hanya berlaku di hp namun juga PC. Setelah menunggu beberapa saat dan suhu mulai menurun, baru dapat menggunakan hp lagi sesuai keperluan sehingga terhindar dari kendala overwork.

3. Restart Hp

Matikan dan nyalakan ulang (restart) hp. Cara mengatasi sinyal lemot Indosat ini bisa berhasil, karena bisa saja sebenarnya masalah bukan terdapat pada provider melainkan pada ponsel pengguna. Terkadang setelah melakukan pengaturan APN belum ada efek langsung sehingga perlu restart hp baru kemudian ada perubahan sinyal. Setelah melakukan restart, jaringan tentu akan dimulai kembali dan sinyal bisa bekerja lebih baik.

4. Mengatur Mode Jaringan

Bukalah menu opsi jaringan, nantinya di sini akan tersedia beberapa pilihan jaringan mulai 2G hingga yang tertinggi yaitu 4G. Ubahlah pengaturan jaringannya menjadi otomatis. Cara ini sangat membantu dalam menyesuaikan kondisi ketika pengguna sedang bepergian. Misalnya ketika berada di tempat yang sinyalnya lemah maka akan menyesuaikan mode sehingga pengguna bisa tetap menggunakan tanpa repot mengganti jaringannya.

5. Hapus Cache di Browser

Hapus data cache yang ada di browser. Cache memiliki kemampuan untuk menyimpan data dari hasil browsing. Tujuannya agar lebih cepat memuat halaman sebuah website yang kerap digunakan. Namun apabila terlalu banyak cache yang tersimpan, efeknya justru menjadikan jaringan lebih lambat dari biasanya. Oleh karenanya perlu dilakukan pembersihan cache pada browser secara rutin.

6. Mengatur APN

Lakukan pengaturan untuk APN Indosat. Cara mengatasi sinyal lemot Indosat ini dapat membantu mempercepat jaringannya. APN setiap provider berbeda, maka perlu disesuaikan sehingga jaringan lebih lancar. Melakukan pengaturan APN dapat membantu jaringan untuk menjadi penghubung koneksi SIM dengan operator, sehingga sinyal dapat diperbarui dan lebih lancar dari sebelumnya.

Langkahnya mudah, masuk pada pengaturan jaringan APN milik Indosat. Kemudian ketikkan Indosatgprs. Untuk bagian username dan password cukup diisi dengan Indosat atau boleh juga dikosongkan. Setelah itu tunggu sampai prosesnya selesai. Dengan demikian diharapkan sinyal akan kembali normal seperti sebelumnya.

7. Penggunaan Malam Hari

Gunakan internet pada malam hari. Sudah bukan rahasia bila sinyal provider akan lebih cepat pada malam hari karena sebagian besar orang sudah beristirahat dan menghentikan pemakaian hp. Pada saat malam hari, sinyal bisa dimanfaatkan untuk menggunakan internet yang lebih maksimal.

Setelah mengetahui cara mengatasi sinyal lemot Indosat, maka bisa diterapkan apabila suatu saat terjadi masalah pada jaringannya. Provider Indosat dapat digunakan dengan lebih nyaman dan minim gangguan. Jika sudah melakukan berbagai cara di atas, namun sinyal Indosat masih sering lemot. Maka segera hubungi layanan pelanggan khusus Indosat yaitu di Indosat Ooredoo Care.

 

 

Leave a Comment