3 Cara Mengatasi Instagram Unfollow Sendiri Mudah Dilakukan

Pengikut Instagram dapat berkurang sendiri tanpa diketahui pemiliknya. Hal ini tentu akan merugikan pihak yang menggunakan instagramnya sebagai lahan untuk mencari pendapatan. Oleh karena itu, cara mengatasi Instagram unfollow sendiri harus segera dilakukan agar masalah ini tidak sampai berkepanjangan.

Sebut saja para selebgram dan artis yang memiliki pengikut banyak sering mendapat kesempatan bekerja sama dengan sebuah brand untuk memasarkan produk di laman Instagramnya. Apabila pengikutnya berkurang tiba-tiba secara drastis, kemungkinan untuk mendapatkan kerja sama menjadi lebih kecil. Berikut adalah penyebab sekaligus cara mengatasinya.

Penyebab Instagram Unfollow Sendiri

Sebelum mengetahui cara mengatasi Instagram unfollow sendiri, ada baiknya mengetahui terlebih dahulu apa yang menyebabkan masalah ini agar tidak terjadi lagi di kemudian hari. Dilansir dari berbagai sumber, kemungkinan Instagram unfollow sendiri dapat terjadi karena beberapa sebab diantaranya:

1. Membeli Follower Palsu

Demi meningkatkan popularitas, tidak sedikit yang menggunakan cara instan seperti membeli followers palsu. Hal ini dilakukan agar penambahan pengikut terjadi secara drastis dalam satu waktu. Ada kemungkinan followers tersebut adalah bot atau robot yang bisa diberantas oleh sistem sewaktu-waktu.

2. Kesalahan dalam Sistem

Ketika Instagram beroperasi secara terus menerus, sistem di dalamnya bisa mengalami kerusakan atau error. Kerusakan juga dapat terjadi karena adanya peretasan sehingga menyebabkan layanan Instagram tidak berfungsi sebagai mana mestinya. Keadaan ini sesekali menyebabkan data yang tercatat pada sistem berubah dan mengakibatkan follower menurun drastis.

Cara Mengatasi Instagram Unfollow Sendiri

Hal-hal di atas baru akan disadari pengguna ketika follower Instagramnya berkurang perlahan-lahan sampai jumlah yang berkurang banyak. Jangan dulu panik, tentu ada cara untuk mengatasinya. Simak uraian di bawah ini untuk cara mengatasi Instagram unfollow sendiri:

1. Usahakan Tidak Membeli Follower

Memperbanyak follower memang dibutuhkan untuk mendongkrak popularitas. Menambah followers dengan cara instan seperti jual beli followers atau memakai aplikasi ketiga untuk mendapatkan followers baru, dapat menimbulkan masalah di kemudian hari. Jika follower tersebut  terindikasi sebagai robot, suatu saat sistem bisa menghapusnya dan berdampak pada jumlah follower pengguna.

Saat ini, pihak instagram gencar melakukan pembersihan pada akun-akun palsu berupa robot. Bisa jadi akun robot pada pengguna terdeteksi dan tiba-tiba menghilang. Walaupun akun yang dibeli adalah real dan bukan robot, tidak menutup kemungkinan akun tersebut akan unfollow di kemudian hari.

2. Gunakan Aplikasi Follow dan Unfollow

Cara mengatasi Instagram unfollow sendiri yaitu menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk meningkatkan aktivitas di Instagram memang tidak sepenuhnya buruk. Fitur yang didapat seperti Auto Follow, Auto Unfollow, Auto Like, Auto Comment dan beragam fitur otomatis lainnya dapat membantu pengguna meningkatkan traffic di Instagram.

Jika tidak menerapkan pengaturan dengan benar, aplikasi ini dapat menggencarkan aktivitas unfollow pada akun pengikut tanpa disadari. Tidak tanggung-tanggung, akun yang terkena unfollow jumlahnya bisa terus bertambah. Jika berminat menggunakan aplikasi ini, pastikan mengetahui cara kerja aplikasi agar masalah unfollow otomatis tidak terjadi.

3. Buat Interaksi yang Menyenangkan dengan Pengikut

Salah satu alasan mengikuti sebuah akun adalah kesesuaian isi konten pengguna dengan selera pengikutnya. Agar para followers ini tetap setia, bangun interaksi yang menyenangkan dan hindari memposting sesuatu yang menyinggung atau berdampak buruk. Pengikut yang merasa isi konten tidak lagi sesuai dengan yang diharapkan, bisa berbondong-bondong membatalkan follow pada akun pengguna.

Itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi Instagram unfollow sendiri. Jika ingin mendapatkan follower tetap, sebaiknya mencari follower dengan membangun citra yang baik atau memberikan konten yang menyenangkan bagi pengguna. Akun Instagram yang memberikan manfaat akan mendapatkan pengikut dengan sendirinya. Jadi, jangan membeli followers demi rating semata tanpa memberikan manfaat berarti untuk para followers.

Leave a Comment