5 Cara Mengamankan Kontak HP Dari Pinjaman Online yang Meresahkan

Aplikasi pinjaman online atau pinjol, mulai menjamur di Indonesia. Banyak pula masyarakat yang tertarik dan akhirnya mengajukan pinjaman online. Namun layanan ini tidak luput dari sisi negatif. Seperti cara penagihan yang meresahkan. Mengetahui cara mengamankan kontak hp dari pinjaman online bisa menjadi solusinya. Setidaknya ada beberapa cara mudah yang bisa dilakukan seperti yang akan disebutkan berikut ini:

1. Menonaktifkan Perizinan Aplikasi

Biasanya ketika pengguna baru saja membuka aplikasi setelah selesai download. Aplikasi akan meminta berbagai perizinan dan akses yang dibutuhkan. Termasuk aplikasi pinjaman online, izin akses yang biasanya diminta oleh aplikasi pinjaman online adalah izin akses kontak. Jadi, pengguna bisa menolak dengan menekan ‘Tidak Izinkan’ atau ‘Batalkan’ ketika aplikasi meminta izin akses ke kontak.

2. Mengunci Izin Aplikasi

Untuk pengguna yang sudah download aplikasi pinjaman online dan sudah terlanjur memberikan izin akses. Tidak perlu khawatir, karena izin akses masih bisa dimatikan melalui menu pengaturan atau setting. Caranya buka menu “Pengaturan” atau “Setting” pada smartphone, kemudian carilah menu “Aplikasi” atau “Manajer Aplikasi”.

Dalam menu itu biasanya tersimpan daftar aplikasi yang sudah terinstall di smartphone. Cari aplikasi pinjaman online yang dimaksud, kemudian ubah izin aplikasi pada kontak menjadi “Tidak Izinkan”. Walaupun aksesnya sudah terputus, namun masih ada beberapa data dan kontak yang telah diakses aplikasi. Karena itu mematikan izin aplikasi pinjaman online ini harus sesegera mungkin dilakukan.

3. Membuat Banyak Daftar Kontak

Aplikasi pinjaman online biasanya menagih dengan cara menghubungi orang-orang terdekat melalui informasi yang didapatkan dari akses kontak. Oleh sebab itu, memiliki banyak daftar kontak akan membingungkan para pihak pinjaman online. Pengguna bisa menambah sebanyak mungkin daftar kontak palsu di dalam kontak smartphone.

Daftar kontak palsu harus benar-benar banyak, minimal mengisi kontak palsu sebanyak 100 nomor. Hal ini akan membingungkan pihak pinjaman online, sebab akan cukup sulit mana yang benar-benar nomor aktif dan mana yang bukan. Cara ini mungkin tidak sepenuhnya efektif, apalagi kalau pengguna masih menyimpan nomor asli para kerabat di kontak. Namun setidaknya bisa memperlambat para pihak pinjaman online untuk menghubungi nomor yang sebenarnya.

4. Tidak Mengakses Aplikasi Sosial Media Sama Sekali

Cara mengamankan kontak HP dari pinjaman online selanjutnya adalah memutus akses sosial media. Salah satu cara untuk mendeteksi pergerakan pemilik hutang adalah dengan menelusuri kontak para pengguna hingga sosial media. Sehingga ada baiknya jika pengguna ingin menghindari para pihak pinjaman online dengan tidak menggunakan sosial media sementara waktu.

Jika tidak bisa atau berat untuk memutus hubungan dengan sosial media. Setidaknya ganti nomor telepon yang digunakan untuk verifikasi akun sosial media dengan nomor yang lain. Jadi, tidak menggunakan nomor pribadi yang digunakan untuk sehari-hari.

5. Ganti SIM Card

Cara yang paling efektif dan cepat untuk mengamankan kontak dari para pihak pinjaman online adalah mengganti nomor HP alias ganti SIM Card. Walaupun cara ini mungkin akan menyusahkan pengguna karena, harus menghubungi orang-orang terdekat mengenai perubahan kontak pribadi. Metode inilah yang dianggap paling efektif karena, para penagih akan kesulitan menemukan nomor baru pengguna.

Jika pengguna memiliki 2 SIM Card, para pengguna bisa melakukan backup atau memindahkan data dari SIM Card lama ke SIM Card baru. Melalui cara tersebut, data-data lama dan kontak-kontak penting seperti nomor telepon kerabat atau history chat tidak terhapus.

Itulah lima cara mengamankan kontak HP dari pinjaman online, walaupun begitu cara ini bukan berarti para pengguna bisa bebas dari tanggung jawab hutang. Cara-cara di atas bisa dilakukan , untuk menghindari pihak pinjaman online jika memang sudah keterlaluan mengganggu. Namun hutang yang ada harus tetap dilunasi oleh para pengguna aplikasi pinjaman online secepat mungkin.

 

 

Leave a Reply

%d bloggers like this: