Cara Memindahkan File dari Laptop ke iPhone Tanpa Kabel USB

cara memindahkan file dari laptop ke iPhone

Cara memindahkan file dari laptop ke iPhone – Bagi Anda yang punya HP Android dan laptop Windows, cara memindahkan file dari HP ke laptop maupun sebaliknya memang tidak sulit. Pada dasarnya, Anda hanya perlu mencolokkan kabel USB dari HP ke laptop, dan Anda bisa mengakses ruang penyimpanan HP dari laptop Anda sendiri. Tapi, lain ceritanya dengan cara memindahkan file dari laptop ke iPhone karena environment iPhone (beserta produk Apple lainnya) yang berbeda dari OS lain, termasuk Windows.

Cara memindahkan file dari laptop ke iPhone

cara memindahkan file dari laptop ke iPhone

Tapi Anda tak perlu khawatir, karena sebenarnya masih ada banyak cara memindahkan file dari laptop ke iPhone yang dapat Anda lakukan, bahkan tanpa kabel USB sama sekali, lho! Simak langkah-langkahnya berikut ini.

Lewat iCloud

iCloud merupakan layanan penyimpanan online (cloud storage) yang dimiliki oleh Apple dan dapat diakses dari perangkat apapun selama Anda terhubung ke internet. Jadi, Anda bisa membuka iCloud dari laptop Windows Anda, dan kemudian tambahkan file-file yang ingin Anda pindahkan ke iPhone dengan cara meng-upload file-file tersebut.

Untuk memindahkan file dari laptop ke iPhone melalui iCloud, caranya adalah sebagai berikut:

  1. Buka laman iCloud.
  2. Masuk ke dalam folder yang Anda inginkan. Apabila Anda akan memindahkan foto, buka folder Photos agar file gambar yang Anda pindah akan masuk ke dalam aplikasi Photos di iPhone secara otomatis. Sedangkan untuk file-file lain, Anda bisa meng-upload file ke dalam folder apapun, termasuk folder yang baru saja dibuat.
  3. Tunggu sampai proses upload selesai.
  4. File-file yang Anda pindah akan ditambahkan ke dalam iPhone Anda secara otomatis selama iPhone juga terhubung dengan internet.

Lewat Google Drive

Selain iCloud, Anda juga bisa manfaatkan layanan penyimpanan online lainnya, termasuk Drive dari Google. Pastikan bahwa Anda memasang aplikasi Drive di iPhone Anda agar nanti file yang Anda transfer ke Drive bisa diakses juga dari iPhone.

Langkah-langkahnya pun mirip, yaitu dengan membuka Drive lewat laptop Windows Anda dan upload file-file di sana. Setelah proses upload selesai, buka aplikasi Drive dari iPhone Anda dan unduh file-file tersebut agar dapat disimpan ke dalam iPhone. Karena itu, proses ini juga membutuhkan koneksi internet.

Lewat ShareIt

ShareIt merupakan aplikasi berbagi file yang sangat populer dan dapat digunakan pada perangkat apapun tanpa pandang OS-nya. Karena selama ada koneksi internet, Anda bisa bebas berbagi file menggunakan ShareIt, termasuk memindahkan file dari laptop Windows ke iPhone Anda sekalipun.

  1. Pastikan Anda sudah memasang ShareIt di iPhone. Buka aplikasinya, klik menu, dan tap WebShare.
  2. Buka browser di laptop Anda dan masukkan alamat server yang ditampilkan di aplikasi ShareIt.
  3. Layar laptop akan menampilkan QR Code, lalu scan kode tersebut agar laptop dan iPhone Anda terhubung.
  4. Pindahkan file yang Anda inginkan dan pastikan kedua perangkat Anda – laptop dan iPhone – sama-sama terhubung internet agar proses transfer file sukses.

Gallery for Cara Memindahkan File dari Laptop ke iPhone Tanpa Kabel USB

You May Also Like

About the Author: ares

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *