Cara Membuka File ZIP yang Terkunci Mudah Tanpa Ribet

Penggunaan file kompres yang disebut juga ZIP menjadi salah satu opsi brilian bagi pengguna gadget agar bisa menyimpan file berukuran besar yang telah dikecilkan. Meski demikian, terkadang ada pula file yang dilindungi password oleh uploader sehingga tidak dapat diakses isinya. Oleh karena itu, cara membuka file ZIP yang terkunci perlu diketahui. Ada dua cara yang akan dijelaskan di sini, yaitu melalui Android dan PC/laptop.

Membuka File ZIP yang Dikunci dari Android

Bagi pengguna Android yang hendak membuka kunci pada file ZIP, ArchiDroid menjadi aplikasi pilihan karena penggunaannya mudah serta kompatibel pada banyak format seperti TAR, ZIP, GZIP, dan sebagainya. Ukurannya sangat kecil yaitu 472 Kb sehingga tidak menghabiskan banyak memori. Walau Play Store tidak memilikinya, ArchiDroid dapat diunduh di website melalui link yang didapat dari google.

1. Download Aplikasi

Unduh aplikasi ArchiDroid. Setelah berhasil terinstal di hp Android, buka aplikasinya dan pilih “Unpack Archive”. Kemudian dua kolom akan ditampilkan. Klik pada lambang tiga titik yang letaknya di kanan “Archive File Path” berikutnya pilihlah file ZIPnya sesuai keinginan, misalnya hanya ingin beberapa dan tidak semuanya. Berikutnya tekan pilihan “Out Path” untuk memilih folder dimana file akan disimpan.

2. Memasukkan Password

Pilih dan centang lokasi penyimpanan filenya. Supaya file dapat dibuka, maka memerlukan password. Cara membuka file ZIP yang terkunci ini adalah membuat password bebas. Cara membuatnya klik tombol berbentuk kunci, lanjutkan dengan centang tulisan “Use Password”. Ketikkan password bebas, dan tekan “Ok”.

3. Menyimpan File

Klik tombol berbentuk mata jika ingin melihat file yang berada dalam ZIP, lalu pilih filenya dengan klik centang. Setelah itu kembali ke halaman sebelumnya, lalu tekan pilihan “Unpack” untuk menjalankan proses membuka ZIPnya. Setelah berhasil, sekarang file berhasil disimpan pada lokasi yang telah dipilih sebelumnya.

Membuka Kunci di File ZIP dari PC / Laptop

Seringkali pengguna mengunduh file besar dan disimpan di komputer karena umumnya memiliki kapasitas memori yang lebih besar. Cara membuka ZIP terkunci melalui PC atau laptop adalah menggunakan aplikasi IsumSoft RAR. Aplikasi yang dapat diinstal dengan gratis ini bisa didapatkan dari link yang ada di google.

1. Download Aplikasi

Setelah aplikasi ini terdownload, kemudian lakukan instalasi di komputer. Tunggu sampai instalasinya berhasil, lalu buka aplikasinya. Tekan pada tulisan “Open” yang letaknya ada di pojok kiri. Nantinya akan ditampilkan folder beserta file yang tersimpan dalam komputer. Pilih ZIP file mana saja yang hendak dibuka. Lanjutkan dengan “Open” untuk memilihnya.

2. Membuka Password

Ketuk opsi bernama “Type of Attack” yang letaknya di sebelah kanan. Terdapat empat sub menu di sana, pilih opsi “Brute-Force”. Cara membuka file ZIP yang terkunci berikutnya adalah menekan tombol “Start” yang letaknya di sebelah menu “Open”. Tunggu sampai proses ini selesai. Waktu yang dibutuhkan tergantung kata sandi yang tersimpan pada file ZIP.

3. Menyimpan Password

Password yang ada di file ZIP akan ditampilkan pada kolom bertuliskan “RAR File Password” apabila prosesnya berhasil. Tekan “Copy” untuk menyimpan kata sandinya. Selanjutnya coba buka kembali file ZIP dan masukkan kata sandinya, lalu klik “Ok”. Dengan begitu file ZIPnya akan bisa dibuka.

Demikian informasi seputar cara membuka file ZIP yang terkunci, baik di Android juga PC  atau laptop. Tentu sangat disayangkan apabila file yang diunduh dalam waktu lama gagal dibuka karena tidak mengetahui kata sandi. Kini pengguna bisa menerapkan sendiri cara membuka kunci pada file ZIP sehingga dapat mengakses filenya.

Leave a Reply

%d bloggers like this: