Cara Membuka File PDF yang Terkunci Menggunakan Google Chrome

Banyak orang yang kebingungan karena file PDF yang terkunci. Padahal kunci pada PDF bisa dihilangkan dengan cara yang mudah. Salah satunya dengan  Google Chrome. Tidak banyak orang mengetahui bahwa ada cara membuka file PDF yang terkunci dengan memanfaatkan Google Chrome.

Fitur kata sandi bisa hilang jika file PDF di simpan ulang melalui fitur Print atau cetak ulang yang ada di Google Drive. Namun, fitur ini hanya bisa dilakukan jika akun Google Drive dibuka melalui Google Chrome. Berikut ini adalah langkah-langkah membuka file PDF yang terkunci dengan Google Chrome:

1. Membuka Google Drive Melalui Google Chrome

Hal pertama yang harus dilakukan pengguna adalah membuka akun Google Drive melalui Google Chrome. Biasanya Google Chrome sendiri sudah terhubung dengan akun Google, karena saat membuka Google Chrome kita akan diminta untuk login ke akun Google terlebih dahulu.

Oleh karena itu, pengguna dapat secara otomatis login dengan akun Google Drive dan layanan Google lainya. Namun jika belum, pengguna harus login terlebih dahulu dengan alamat email dan password yang sebelumnya sudah dibuat dan sudah diaktifkan.

2. Upload File PDF yang Terkunci di Google Drive

Cara membuka file pdf yang terkunci yang kedua adalah mengupload file PDF yang terkunci. Ada dua acara yang bisa dilakukan pengguna untuk mengupload file ke Google Drive. Pengguna bisa mengupload file dengan cara menyeret file PDF langsung dari folder ke dalam akun Google Drive. Bisa juga dengan cara menekan pilihan ‘New’ kemudian pilih ‘File Upload’ dan pilih dokumen PDF tekan ‘OK’.

3. Masukan Kata Sandi Pengguna

Setelah file PDF telah terupload di akun Google Drive, pengguna bisa mengklik dua kali pada file tersebut. Jika PDF diproteksi oleh kata sandi pengguna, maka kemudian pengguna tinggal memasukan kata sandi untuk membuka kontnnya. Setelah itu file PDF akan terbuka, namun file  pertamanya akan terbuka pada tampilan ‘Read Only’.

Maka pada tampilan ‘Read Only’ ini para pengguna hanya bisa membaca file. Hanya saja orang yang hanya mengakses “read only” ini tidak bisa mengubah atau mengedit kontn file yang ada di dalam PDF.  Mengapa? Sebab akses PDF sudah dikunci oleh pihak pertama yang membuat PDF tersebut.

4. Masuk ke Menu Print

Jika ingin PDF tidak hanya dalam mode ‘Read Only’ dan bisa diedit, dicopy dan sebagainya di Google Chrome. Pengguna bisa memilih peraturan print dengan menakan ‘Windows + P’ untuk komputer dengan sistem operasi Windows. Pada sistem operasi iOS maka bisa menggunakan perintah ‘Command + P’.

Kemudian pada tampilan ‘Print’ ini sebenarnya sudah bisa diedit namun agar melepaskan fitur kuncinya, pengguna perlu menyimpan ulang file PDF ke  komputer. Pastikan data PDF yang hendak dibuka benar atau pilih beberapa halaman yang ingin dibuka saja.

5. Simpan Ulang PDF

Setelah melakukan semua cara membuka file pdf yang terkunci, kemudian simpan kembali file PDF bisa dilakukan dalam menu print. Pada menu print akan ada pilihan menyimpan kembali PDF di pojok kiri jendela bertuliskan ‘Destination’ pilih ‘Save as PDF’. File akan terdownload dan tersimpan pada memori komputer. Setelah disimpan ulang, file PDF yang tersimpan sudah tidak terkunci lagi, sehingga pengguna bisa membuka file PDF di komputer tanpa harus memasukan kata sandi lagi.

Itulah cara membuka file PDF yang terkunci dengan Google Chrome. Google Drive sebenarnya bisa dibuka di browser selain Google Chrome. Namun untuk menghilangkan kata sandi pada file PDF hanya bisa dilakukan jika Google Drive dibuka dengan Google Chrome. Jika dibuka dengan browser yang berbeda maka langkah-langkahnya juga bisa jadi berbeda dengan Google Drive yang dibuka melalui Google Chrome.

Leave a Reply