cara membuka backup whatsapp di google drive
cara membuka backup whatsapp di google drive

Cara Membuka Backup WhatsApp di Google Drive lewat PC atau Komputer

2 View

Aplikasi WhatsApp memiliki fitur untuk mencadangkan data yang bisa disinkronisasikan dengan  akun Google Drive. Maka kemudian, data back up WhatsApp yang dicadangkan bisa diakses di akun Google Drive. Namun tidak banyak pengguna tahu bagaimana cara membuka backup WhatsApp di Google Drive. Bahkan tidak tahu di file mana back up dari data WhatsApp ini disimpan.

Pasalnya, apabila disimpan di Google Drive, data back up WhatsApp tidak hanya bisa diakses melalui perangkat Android di mana aplikasi WhatsApp terinstall. Namun juga bisa di akses di PC atau komputer juga. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk membuka back up WhatsApp di Google Drive melalui PC atau komputer:

1. Menghubungkan WhatsApp dengan Google Drive

Sebelum membuka akses backupnya, hal pertama yang perlu dilakukan dalam cara membuka backup whatsapp di google drive adalah menghubungkan WhatsApp dengan Google Drive. Caranya dengan membuka menu setelan. Pada bagian menu tersebut akan adalah pilihan untuk mencadangkan data, para pengguna bisa memasukkan email gmail yang digunakan sebagai penyimpan back up data.

Setelah itu, masukkan akun WhatsApp di akun Google Drive yang sudah dibuat. hal ini bertujuan agar pemulihan data bisa berlangsung dengan maksimal. Pasalnya, Google Drive menyimpan banyak ruang penyimpanan gratis yang sudah disediakan oleh pihak developer.

2. Membuka Akun Google Drive Lewat Browser

Langkah selanjutnya dari cara membuka backup WhatsApp di Google Drive melalui PC atau komputer adalah login ke akun Google Drive. Para pengguna harus login ke akun Google Drive yang telah disinkronkan. Pengguna bisa menggunakan jenis browser manapun yang diinginkan seperti Mozilla Firefox atau Google Chrome.

Kemudian kunjungi website http://drive.google.com. Login dengan alamat email yang telah disinkronisasikan di aplikasi WhatsApp. Alamat email haruslah alamat email yang digunakan untuk mencadangkan data di aplikasi WhatsApp.

3. Tekan Ikon Berbentuk Roda Gigi

Setelah login, tampilan akan berubah ke menu file dan folder Google Drive. Pada pojok kanan atas tampilan ini biasanya terdapat ikon berbentuk roda gigi. Pada beberapa tampilan, ikon ini akan berbentuk seperti bunga namun posisinya tetap sama. Ikon ini adalah penanda untuk menu lanjutan untuk mengatur isi Google Drive atau menemukan data yang disembunyikan dalam Google Drive.

4. Pilih Menu ‘Setelan’

Ikon tersebut akan mengeluarkan berbagai pilihan menu lagi, pilih menu ‘Setelan’ di antara menu yang muncul. Kemudian di dalam menu ‘Setelan’ pilih lagi fitur ‘Kelola Aplikasi’. Pada fitur ini akan muncul berbagai aplikasi yang telah disinkronkan dengan alamat email.

Termasuk diantaranya adalah aplikasi WhatsApp, scroll ke bawah sampai menemukan nama aplikasi WhatsApp. Sebab, biasanya nama aplikasi diurutkan berdasarkan abjad, aplikasi WhatsApp ada di urutan yang terbawah. Namun, untuk mempermudah pencarian, sebaiknya ketik saja nama aplikasi WhatsApp di kolom atas.

5. Tekan Opsi Sebelah Kanan untuk Melihat Cadangan Data

Setelah menemukan aplikasi WhatsApp, pengguna harus menunggu sampai ada keterang ‘Data Aplikasi Tersembunyi’ muncul di sisi nama aplikasi. Setelah keterangan tersebut sudah muncul akan muncul opsi di sebelah kanan nama aplikasi. Klik tombol ‘OPSI’ yang ada di sebelah kanan tersebut dan pilih untuk membuka cadangan WhatsApp.

Itulah cara membuka backup WhatsApp di Google Drive melalui PC atau komputer. Melalui pencadangan data WhatsApp di Google Drive, para pengguna tidak hanya bisa membuat cadangan data saja. Namun juga memiliki jaminan keamanan data dan kenyamanan akses. Karena akun Google Drive bisa diakses di berbagai perangkat asal ada alamat email dan kata sandinya saja.

Leave a Reply