Cara Membuka App Lock Jika Lupa Password Dijamin Ampuh

Ada banyak orang yang memanfaatkan aplikasi pihak ketiga untuk mengunci aplikasi pada smartphone. Keistimewaan App Lock semacam ini adalah pengguna bisa memilih aplikasi mana yang mau dikunci dan mana yang tidak. Ada kalanya pengguna melupakan password yang sudah dibuat. Jika sudah begitu cara membuka App Lock jika lupa password ini bisa pengguna lakukan untuk membuka aplikasi di smartphone:

1. Hapus Aplikasi Pengunci

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah menghapus aplikasi pengunci. Hal ini dikarenakan App lock yang digunakan merupakan aplikasi pihak ketiga. Jadi, keberadaan dan data-datanya bisa dihapus dengan mudah dari smartphone. Caranya pun sangat mudah, pengguna bisa masuk ke menu ‘Manajer Aplikasi’ yang ada pada ‘Setelan’. Kemudian pilih paksa berhenti terlebih dulu App Lock sebelum menghapus atau menguninstall aplikasi dari smartphone sepenuhnya.

2. Mematikan Akses Administrator

Jika pengguna tidak ingin menghapus aplikasi namun melupakan sandi App Lock. Pengguna bisa mematikan akses administrasinya saja pada App Lock. Biasanya di dalam berbagai App Lock yang ada akan ada menu ‘Device Administrators’ di bagian ‘Pengaturan Aplikasi’. Ubah setting dalam menu ini dari aktif menjadi non-aktif. Dengan begitu, aplikasi yang terkunci melalui App Lock tersebut bisa dibuka kembali.

3. Hapus Data App Lock

Cara membuka App Lock jika lupa password yang ketiga adalah menghapus data App Lock. Sama seperti pada cara yang pertama, pengguna bisa masuk ke menu ‘Manajer Aplikasi’ di menu ‘Setelan’ terlebih dahulu. Cari menu App Lock yang digunakan kemudian masuk ke menu ‘Penggunaan Data’ nya.

Di tampilan tersebut akan ada pilihan ‘Hapus Data’. Dengan memilih untuk menghapus data, password dan sandi yang mengunci aplikasi akan hilang. Cara ini bisa dipilih oleh pengguna yang lupa password namun tidak ingin sampai menghapus App Lock.

4. Non-aktifkan App Lock

Kalau pengguna tidak ingin menghapus App Lock yang ada, cara membuka App Lock jika lupa password yaitu dengan menonaktifkannya. Aplikasi pengunci ini dapat dinonaktifkan melalui ‘Device Administrators. Berbeda dengan cara yang kedua, cara keempat ini menonaktifkan aplikasi melalui menu ‘Pengaturan’.

Dalam menu ‘Pengaturan’ pengguna selanjutnya memilih menu ‘Keamanan’. Nantinya akan terdapat pilihan ‘Administrasi Perangkat’ di dalam pengaturannya. Di dalam menu ini juga akan ada daftar aplikasi yang telah diberikan akses administrator oleh perangkat. Cari App Lock dan pilih non-aktifkan akses App Lock.

5. Factory Reset

Cara yang terakhir untuk membuka App Lock jika lupa kata sandi adalah dengan mereset smartphone ke pengaturan pabrik atau factory reset. Perlu diketahui jika pengguna memilih factory reset maka pengaturan smartphone akan kembali seperti smartphone baru. Hal ini berarti akan ada beberapa settingnya telah diatur sebelumnya hilang. Jadi, cara ini sebaiknya dijadikan pilihan atau solusi terakhir saja.

Fitur untuk mengembalikan smartphone ke pengaturan pabrik atau factory reset ini ada di menu ‘Pengaturan’. Biasanya pilihan factory reset ada di bagian bawah menu ‘Pengaturan’. Proses reset ini akan memakan waktu beberapa menit sebelum akhirnya pengaturan tereset. Saat melakukan reset ulang sebaiknya smartphone dalam keadaan ter-charger.

Itulah 5 cara membuka App Lock jika lupa password yang bisa dipilih oleh para pengguna smartphone. Pengguna bisa memilih cara yang paling tepat dan efektif untuk digunakan pada smartphone masing-masing. Setelah mengikuti cara-cara di atas smartphone bisa berfungsi seperti semula.

Aplikasi yang awalnya terkunci oleh App Lock pun bisa dibuka tanpa password. Jika para pengguna ingin menggunakan atau mengubah password yang lama menjadi yang baru. Pengguna bisa memulai dari awal setelah menerapkan cara itu pada App Lock.

Leave a Reply

%d bloggers like this: