Cara Membuat Pesan Otomatis di WhatsApp Bisnis Agar Tidak Menunggu Lama

Kegunaan WhatsApp sebagai media komunikasi terus berkembang seiring perkembangan zaman. Salah satu yang fungsinya adalah menjembatani komunikasi antara pembeli dan penjual. Sekarang ini penting untuk mengetahui cara membuat pesan otomatis di WhatsApp bisnis. Tidak dapat dipungkiri, berjualan online menjadi salah satu ladang penghasilan bagi masyarakat abad 21. WhatsApp bisnis biasanya bisa menjawab pesan secara otomatis dari calon konsumen yang menghubungi. Lantas, bagaimana cara membuatnya? Seperti inilah caranya:

1. Mengisi Form Profil

Buka WhatsApp bisnis dan klik pada lambang berbentuk titik tiga yang berada di kanan atas. Pada pilihan menunya, tekan “Setelan” yang biasanya berada di bawah sendiri. Tekan “Setelan Bisnis”. Sesudah itu akan ada “Fitur Perpesanan” dengan tiga sub menu. Isilah form yang ada pada bagian “Profil” dan lengkapi data toko sesuai yang diminta WhatsApp bisnis.

2. Mengatur Jam Buka

Klik pada pilihan “Jam Kerja” sesudah menyelesaikan pengisian form di profil tadi. Tekan pada lambang pensil. Klik “Jadwal” lalu mulailah mengisi jam bisnisnya. Ada pilihan buka di jam tertentu saja, selalu buka, atau sesuai dengan janji temu. Pilihlah salah satu. Jika memilih buka di jam tertentu klik pada hari yang diinginkan sehingga tombol lingkaran bergulir ke samping. Isi juga pada pukul berapa jam toko dibuka. Jika sudah pasti, tekan “Simpan”.

3. Pesan Otomatis Memberi Salam

Buka “Setelan Bisnis” dan pilih tulisan “Salam’. Fitur ini dapat menyapa calon pelanggan yang baru pertama kali mengirimkan pesan. Cara membuat pesan otomatis di WhatsApp bisnis untuk salam ini mudah. Untuk mengaktifkannya geser pada tombol lingkaran di sebelahnya sehingga menjadi warna hijau yang artinya sudah aktif. Berikutnya masukkan kalimat sapaan pada kolom “Pesan”. Inilah pesan yang nantinya akan tampil di layar pelanggan ketika pertama kali mengirimkan pesannya.

Cermatlah dalam membuat kalimat, ini penting dalam cara membuat pesan otomatis di WA bisnis karena merupakan yang dilihat pertama kalinya. Tunjukkan rasa senang dan kepedulian. Setelah itu di kolom berikutnya ada tulisan “Penerima” untuk bagian ini dibiarkan saja karena tentunya pesan akan dikirimkan ke semua pelanggan. Apabila sudah merangkai kalimat yang pas, simpan pengaturan ini dan nantinya pesan sudah bisa muncul secara otomatis.

4. Pesan Otomatis di Luar Jam Kerja

Buka “Pesan di Luar Jam Kerja” di “Setelan Bisnis”. Aktifkan dengan menggeser lingkaran sehingga berwarna hijau. Kemudian tuliskan pesan yang ingin disampaikan pada pelanggan yang menghubungi toko di luar dari jam kerja. Cara membuat pesan otomatis di WhatsApp bisnis untuk di luar jam kerja adalah penjelasan yang singkat dan jelas.

Tunjukkan kesopanan, namun pastikan pesan akan dijawab ketika jam kerja berikutnya. Dengan demikian pelanggan bisa memaklumi dan lebih memperhatikan jam kerja di lain waktu. Setelah selesai, di kolom Jadwal klik pada tulisan “Di luar jam kerja” yang artinya pesan ini dikirim pada waktu selain jam kerja. Setelah selesai, langsung simpan dan pengaturan ini sudah dapat berfungsi.

5. Pesan Otomatis Balas Cepat

Akses menu “Setelan Bisnis” dan pilih “Balas Cepat”. Fitur ini bertujuan untuk menjawab pesan dengan menggunakan tags tertentu. Atur dengan mengisi pesan yang ingin disampaikan pada kolom teratas. Kemudian ketikkan pintasan di kolom kedua. Apabila sudah, simpan pengaturannya dan pesan otomatisnya sudah aktif. Sebagai contoh jika ingin mengatakan “Kami sudah menerima pesan dari Anda, mohon menunggu beberapa saat” tinggal ketik “terima” maka pesan panjang tadi akan langsung muncul.

Demikian cara membuat pesan otomatis di WhatsApp bisnis yang dapat memudahkan para pelaku bisnis online untuk menjawab pesan lebih cepat. Sehingga calon konsumen tidak akan menunggu terlalu lama dan mengetahui bahwa pesan yang dikirimkan sudah diterima. Kini semua orang bisa mencoba berbisnis online dengan memanfaatkan WhatsApp bisnis.

2 thoughts on “Cara Membuat Pesan Otomatis di WhatsApp Bisnis Agar Tidak Menunggu Lama”

Leave a Reply