Cara Membuat Pesan Otomatis di Telegram dengan AutoResponder

AutoResponder merupakan aplikasi yang memiliki fungsi membuat balasan otomatis di suatu aplikasi chatting. Salah satu aplikasi chat yang bisa dihubungkan dengan AutoResponder adalah Telegram. Berikut ini merupakan langkah-langkah cara membuat pesan otomatis di Telegram dengan memanfaatkan aplikasi AutoResponder:

1. Download dan Install Aplikasi Telegram dan AutoResponder

Sebelum masuk ke langkah membuat pesan otomatis, para pengguna smartphone harus memiliki kedua aplikasi terlebih dahulu. Aplikasi Telegram maupun AutoResponder bisa ditemukan di Play Store. Unduh dan install kedua aplikasi tersebut. Untuk aplikasi Telegram jika pengguna tidak memiliki akun, Harus membuat akun ketika membuka aplikasi dengan mendaftarkan nomor telepon yang digunakan.

2. Buka Aplikasi AutoResponder

Setelah aplikasi terpasang dan akun di Telegram siap, pengguna bisa membuka aplikasi AutoResponder. Di tampilan awal akan ada ucapan selamat datang dari aplikasi dan permintaan untuk pemberian akses. Para pengguna bisa bisa memberikan akses kepada aplikasi AutoResponder dengan menekan tombol ‘Mulai Sekarang’.

3. Berikan Akses yang Diperlukan pada AutoResponder

Setelah tombol ‘Mulai Sekarang’ ditekan, tampilan akan beralih pada permintaan izin akses. AutoResponder memang membutuhkan banyak akses ke berbagai fungsi di smartphone pengguna agar dapat bekerja dengan baik. Izin akses yang diminta pertama biasanya adalah akses notifikasi, sangat penting untuk memberi izin akses notifikasi pada AutoResponder.

Centang aplikasi AutoResponder for TG kemudian akan muncul kotak teks lain. Kotak teks tersebut fungsinya mengkonfirmasi kembali akses yang diberikan. Tekan tombol ‘Izinkan’ maka akses notifikasi resmi diberikan. Akses lain yang diminta adalah akses mulai otomatis. Pengguna tidak perlu takut memberikan izin akses ini karena, aplikasi AutoResponder terbilang aman untuk digunakan dan tidak akan mempengaruhi jalannya aplikasi lain.

4. Mulai Membuat Pesan Balasan Otomatis

Langkah selanjutnya dari cara membuat pesan otomatis di Telegram dengan AutoResponder adalah mulai membuat pesan otomatis. Setelah semua aplikasi terpasang dan izin sudah diberikan, tentu saja bisa langsung mulai membuat pesan balasan otomatis yang diinginkan. Caranya adalah dengan menekan ikon plus (+) di sisi kiri atas layar ketika membuka aplikasi AutoResponder.

Setelah itu tampilan akan berubah menjadi kolom teks. Kolom teks yang pertama adalah kata kunci. Masukan kata kunci yang diinginkan dalam kotak teks tersebut. Kata kunci ini berfungsi sebagai trigger yang mana jika ada pesan yang mengandung kata kunci ini. Maka pesan otomatis yang sudah disiapkan akan segera dikirimkan secara otomatis.

5. Tentukan Isi Balasan Pesan

Di kotak teks selanjutnya, pengguna bisa membuat balasan pesan yang diinginkan. Isi balasan pesan dapat disesuaikan dengan kebutuhan para penggunanya. Pada tahap ini pengguna bisa mengatur tidak hanya isi pesan, namun juga bisa waktu pengiriman pesan.

Penerima pesan juga bisa diatur pada tahap ini dengan menentukan kontak-kontak tertentu saja atau bahkan mengecualikan beberapa kontak. Namun fitur yang sangat lengkap ini hanya bisa didapatkan oleh para pengguna dengan AutoResponder versi Pro. Setelah isi pesan sudah ditentukan, tekan tanda centang dan tunggu beberapa saat sampai prosesnya selesai.

6. Cara Kerja AutoResponder untuk Telegram

Pada dasarnya aplikasi AutoResponder ini tidak hanya bisa digunakan untuk Telegram saja. Aplikasi chat lain seperti WhatsApp atau Line juga bisa ditunjang dengan AutoResponder. Cara kerja AutoResponder adalah dengan selalu mengawasi jalannya notifikasi pesan yang masuk ke dalam smartphone.

Jika pesan tersebut mengandung kata kunci yang ditentukan, maka AutoResponder akan membalas dengan balasan otomatis.  Untuk itulah akses notifikasi sangat penting diberikan kepada AutoResponder karena, aplikasi ini sangat bergantung pada jalannya notifikasi pada smartphone.

Itulah cara membuat pesan otomatis di Telegram dengan AutoResponder. Walaupun menggunakan aplikasi pihak ketiga namun sebenarnya langkah-langkah di atas sangat mudah dilakukan. Selain itu aplikasi yang digunakan pun sangat aman. Memasang AutoResponder tidak memerlukan proses root sehingga, tidak mengganggu jalannya aplikasi lain. Jadi para pengguna smartphone jangan ragu untuk memanfaatkan aplikasi AutoResponder.

 

 

Leave a Comment