Ini Penjelasan Mengenai Cara Membuat Animation di Power Point dengan Mudah

Membuat atau melakukan presentasi adalah hal cukup sering dilakukan oleh banyak kalangan seperti pelajar atau pekerja kantoran. Penting dalam presentasi untuk menarik perhatian banyak orang. Salah satu cara yang bisa ditempuh ialah dengan menggunakan Power Point. Cara membuat animation di Power Point cukup banyak dicari banyak orang demi memaksimalkan dan memperbagus presentasi di depan publik.

Animation sendiri adalah salah satu fitur yang sudah ada dalam Microsoft Power Point versi berapapun. Fitur ini memuat suatu template effect yang berlaku pada tulisan/ gambar dalam slide. Untuk menggunakan nya, berikut sejumlah cara atau tips yang bisa membuat animasi pada power point jadi lebih menarik:

1. Pahami Tampilan dan Tentukan Animasi di dalam Power Point

Cara membuat animasi di power point yang harus diperhatikan pertama kali adalah memahami dahulu apa itu animasi pada power point. Sebagai salah satu fitur bawaan, pengaturan animasi pada kemunculan teks presentasi bisa di atur pada bar atas dengan nama “Animations”. Setelah menekan tombol itu muncul banyak pilihan template effects yang bisa digunakan. Pemilihannya tentu harus sesuai dengan potongan bagian dalam presentasi.

Contohnya dalam satu slide ada 2 paragraf tulisan dengan 4 gambar. Pengguna bisa menambahkan animasi yang berbeda-beda untuk tiap paragraf atau tiap gambar disesuaikan dengan tema yang telah disusun sebelumnya. Perlu diingat, animasi dalam konteks ini adalah effect untuk tulisan atau gambar, bukan gambar bergerak. Serta, juga beda versi Microsoft Power Point akan menampilkan pilihan animation yang sedikit berbeda dari versi lain nya.

2. Pilih dan Sesuaikan dengan Fitur Transisi

Fitur transisi berada pada bar atas Microsoft Power Point berada di samping fitur animations. Transisi ini bisa mengatur  effect untuk penampilan slide presentasi. Pada fitur ini effect yang diberikan bisa diselaraskan dengan effect yang dipakai pada animasi, sehingga akan lebih terlihat serasi juga menarik perhatian peserta presentasi.

3. Atur Kecepatan dan Waktu Animasi yang Dipilih

Durasi saat menampilkan animasi sangat penting untuk menjaga perhatian dari peserta presentasi. Pasalnya, jika terlalu lambat akan membosankan dan jika terlalu cepat bisa jadi malah bingung dengan poin yang disampaikan. Oleh karena itu, perlu diatur waktu yang cukup nyaman untuk menelaah isi dari presentasi. Pengguna bisa menggunakan pembatasan waktu sekitar 0,5 detik pada setiap animasi nya. Panel pengaturan waktu akan muncul pada tab pengaturan animasi

4. Pilih Animasi yang Sederhana Untuk Informasi Penting.

Pada tiap slide presentasi ada sejumlah poin yang merupakan tajuk utama atau hal penting. Untuk menjelaskan hal tersebut lebih baik menggunakan animasi yang sederhana namun tetap terbaca dengan jelas. Waktu penampilan yang digunakan juga singkat, sehingga tidak mengganggu peserta presentasi. Pilihlah animasi yang cukup sederhana dan tersedia cukup banyak pilihan di tab animations.

5. Pahami dan Gunakan Step By Step Animations

Cara berikutnya adalah dengan memahami setiap langkah demi langkah animasi yang hendak digunakan. Misalnya, ketika di dalam Power Point terdapat materi yang berisikan bullets, maka gunakan animasi “title credit“. Animasi ini nantinya akan membuat tulisan muncul satu persatu secara rapi. Pastikan juga menggunakan animasi hanya 3 macam saja dalam satu slide guna menghindari ketidak efektifan animasi.

Itulah cara membuat animation di power point dengan mudah. Cara-cara diatas bisa diterapkan sesuai dengan kebutuhan presentasi. Terkadang ada trik sendiri yang lebih sesuai dengan tipe presentasi tertentu. Semoga informasi ini membantu dan selamat mencoba.

 

Leave a Comment