Cara Mematikan iPhone untuk Semua Tipe

Penggunaan smartphone berbasis android dan iPhone ternyata memang ada bedanya. Salah satunya adalah tentang bagaimana cara mematikan iPhone. Walaupun terdengar sepele namun masih banyak para pengguna baru yang tidak tahu cara ini dan merasa malu bertanya kepada orang lain. 

4 Cara Mematikan iPhone yang Patut Dicoba

Pemakaian smartphone jenis iPhone saat ini semakin sering jadi pilihan, khususnya di kalangan anak muda. Ada beberapa sistem pengaturan di iPhone yang tidak sama dengan android, salah satunya cara mematikan iPhone. Berikut adalah 4 macam cara bisa dijadikan pilihan. 

1. Cara pertama untuk iPhone X

  • Tekan kemudian tahan tombol volume di sisi kanan 
  • Tekan keduanya secara bersamaan
  • Tahan selama beberapa detik saja
  • Tunggu sampai slider tampil di layar
  • Seret slider ke arah kanan 
  • iPhone otomatis akan dalam keadaan mati 
  • Tunggu setidaknya 30 detik sampai benar-benar mati

Baca juga : Begini Cara Mencari iPhone yang Hilang dengan Mudah

2. Cara Mematikan iPhone SE ( Generasi kedua seperti 8, 7, juga 6 )

  • Tekan kemudian tahan tombol pada sisi kanan perangkat 
  • Tahan juga selama beberapa detik 
  • Tunggu sampai slider ditampilkan di halaman
  • Seret slider ke arah kanan 
  • Geser juga tombol dari sisi kiri
  • Ikuti arahan ‘slide to power off’
  • iPhone akan mati

3. Cara Mematikan iPhone untuk Model yang Lebih Lama

  • Tekan dan tahan Tombol pada sisi atas perangkat 
  • Tombol berada pada sisi kanan ponsel 
  • Tunggu sampai slider muncul di halaman 
  • Seret ke arah kanan kemudian ponsel akan mati 
  • Ponsel akan mati total dalam waktu 30 detik

4. Cara Mematikan iPhone untuk Model Terbaru 

  • Klik menu yang ditandai dengan ikon roda gigi 
  • Biasanya terdapat pada home screen 
  • Klik dan scroll juga layar dan sentuh ke menu general 
  • Pilih opsi shut down pada bagian bawah menu 
  • Tunggu sampai slider benar-benar terbuka
  • Seret slider ke kanan agar ponsel dalam keadaan mati

Merawat iPhone Agar Tetap dapat Berfungsi dengan Baik 

Pemakaian ponsel baik itu android maupun iPhone berbasis iOS sebenarnya harus terus dijaga dengan baik. Jangan sampai Anda melakukan tindakan yang kurang tepat sehingga dapat mengancam keselamatan dari ponsel. Performa tentu saja juga akan mempengaruhi kenyamanan dalam menggunakannya.

1. Pakai Charger Original 

Salah satu faktor iPhone sering mengalami kerusakan adalah karena tidak menggunakan perangkat yang original misalnya dari charger ponsel. Hal ini tentu sangat berbahaya jika bagi perangkat, menggunakan charger original bisa memperpanjang umur baterai ponsel jadi lebih awet dan tahan lama. 

Jika menggunakan kelengkapan yang tidak sesuai maka hanya akan membuat ponsel jenis apapun itu jadi cepat rusak. Terlalu sering menggunakan charger atau power bank tentu hanya akan merusak perangkat saja, bahkan bisa mempengaruhi cara mematikan iPhone juga. 

2. Rutin Melakukan Pembersihan dari Debu

Salah satu hal yang tidak boleh dilupakan adalah selalu rutin melakukan pembersihan debu dari perangkat. Terlalu banyak kotoran sepert debu tentu akan membuatnya semakin cepat panas dan terkena kerusakan. Debu bisa mengendap melalui lubang-lubang kecil di perangkat.

Untuk membuat ponsel tetap bersih setidaknya setiap hari harus dibersihkan. Tidak perlu menggunakan peralatan khusus, cukup pakai lap kacamata atau kain microfiber lainnya. Lap jenis ini memiliki tekstur yang lembut dan tidak akan merusak permukaan layar ponsel.

3. Mengisi Daya Sesuai dengan Kebutuhan 

Setelah mengetahui cara mematikan iPhone sebaiknya Anda juga memperkirakan saat sedang mengisi daya baterai. Banyak orang beranggapan jika mengisi daya Hp sebanyak 100 persen bisa membuatnya jauh lebih awet, nyatanya tidaklah demikian. Justru sebaiknya kurang dari itu. 

Smartphone jenis apapun itu baik android maupun iPhone kapasitasnya akan semakin menurun bila mendapatkan tegangan yang tinggi. Itulah mengapa ketika over dalam charge ponsel hanya akan memicunya jadi tidak stabil. Lebih baik segera cabut jika sudah mencapai 60 sampai 80 persen.

4. Jangan Bermain Games Saat Ponsel Di Charge 

iPhone termasuk salah satu jenis perangkat uang sebenarnya mudah rusak. Ketika sedang charge kemudian digunakan untuk bermain games maka bisa membuat ponsel langsung terhenti. Sebenarnya tidak hanya games saja yang bisa membuat ponsel mengalami kerusakan. 

Saat sudah ada tanda-tanda ponsel mengalami kerusakan maka bisa langsung cari tahu penyebabnya. Bisa jadi dari cara mematikan iPhone yang salah, atau kapasitas penyimpanan dalam ponsel sudah terlalu penuh oleh aplikasi. Jika seperti itu sebaiknya secepatnya dihapus. 

Baca juga : Cara Mengatasi Lupa iCloud Melalui Akses Browser

Penyebab iPhone Tidak Bisa Dimatikan Secara Manual 

Walaupun cara-cara diatas terlhat sangat mudah dilakukan, namun adakalanya cara mematikan iPhone secara manual tidak bisa dilakukan. Jika mengalami kejadian demikian jangan panik, dibawah ini adalah beberapa penyebab dari iPhone yang ngelag tidak mau menuruti perintah. 

Penyebab pertama adalah karena adanya masalah pada bagian port charger. Dengan rusaknya bagian tersebut maka bisa membuat mesin iPhone jadi bermasalah. Untuk mengatasinya lebih baik langsung ke konter resminya. Port Charger harus segera diganti dengan yang baru. 

iPhone yang tiba-tiba mati bisa juga karena menggunakan aksesoris kw. Misalnya saja kebel data yang tidak original, adapter yang sudah rusak sehingga membuat performa ponsel jadi kurang maksimal. Selain itu aksesoris kw juga sangat sensitif jika digunakan pada ponsel. 

Jika cara mematikan iPhone secara manual sudah tidak bisa lagi digunakan maka ada indikasi kapasitasnya yang sudah menurun. Hal ini biasanya disebabkan karena saat charge ponsel terlalu overloud. Selain itu biasanya ponsel juga digunakan untuk bermain games. 

Cara Mengatasi iPhone yang Tiba-Tiba Mati Total 

Bagi Anda yang saat ini ponselnya sedang bermasalah tidak bisa dinyalakan jangan panik dulu. Biasanya saat cara mematikan iPhone secara manual sulit dipakai maka Anda bisa alternatif cara lain. Berikut adalah beberapa hal yang jadi solusi ketika ponsel tiba-tiba mati total.

1. Melakukan Restrat pada Ponsel 

 Jika menemukan kesulitan berupa iPhone yang mati total secara tiba-tiba, jangan keburu panik. Bisa coba tekan dan tahan menu hold pada pojok kanan atas samping ponsel selama 10 detik. Ulangi langkah tersebut sampai akhirnya ponsel bisa kembali nyala ke mode semula. 

Ketika ponsel iPhone sudah bisa dinyalakan kembali maka harus segera dilakukan restart. Dengan begitu semua fitur yang ada dalam ponsel bisa berfungsi normal kembali. Jika masih merasa ada masalah dengan ponsel bisa beriksa kapasitas penyimpanannya.

2. Charge iPhone 

Kemungkinan yang sering terjadi tentu saja baterai ponsel sudah lemah. Jika memang benar demikian sebaiknya langsung charge ponsel. Usahakan berhenti pada kapasitas 60 sampai 80% untk menjaga ponsel jadi tetap maksimal performanya. 

Cara mematikan iPhone bisa tetap digunakan dengan baik ika performa ponsel mendukung. Jika memang ada kerusakan sistem maka tidak bisa berjalan dengan baik juga. Punya ponsel iPhone memang harus diperhatikan agar tetap bisa menggunakannya dengan nyaman. 

Itulah sedikit ulasan dari Aresmobile.id tentang bagaimana cara mematikan iPhone. Setiap versi keluaran terbarunya memang selalu memiliki sistem pengaturan yang berbeda. Oleh karenanya bisa saja cara operasional fiturnya dari iPhone 6 juga berbeda dengan versi terbarunya. 

Leave a Comment