Ingin Tahu Cara Melihat History Wifi? Simak Ulasannya Berikut Ini

Saat ini wifi menjadi kebutuhan yang tidak bisa dielakkan dari kehidupan, baik bagi orang dewasa maupun anak-anak. Oleh karena itu, para pemilik wifi sangat perlu mengetahui cara melihat history wifi agar riwayat penggunaan wifinya bisa terlihat. Apalagi jika tagihan wifi setiap bulan semakin membengkak dan internet menjadi sangat lambat saat digunakan.

Apalagi jika wifi tersebut digunakan secara ramai-ramai oleh anak-anak, wah sudah pasti penggunaan wifi tidak bisa terkontrol. Oleh karena itu, sebagai pemilik wifi yang cerdas, jangan sampai mau dirugikan oleh orang-orang yang seenaknya menggunakan wifi. Tetapi, bagaimana ya caranya? Nah, tidak perlu bingung lagi, artikel berikut ini akan menjelaskan cara-caranya:

1. Melalui Browser atau Chrome

Pertama, cara melihat history wifi melalui chrome. Buka chrome lalu pada pojok kanan tekan titik tiga. Beberapa deretan menu muncul seperti tab baru, tab  samaran baru, history, download, bookmark, situs destop, setelan serta bantuan & masukan. Klik menu histori maka riwayat penjelajah melalui chrome akan ditampilkan.

Browser atau peramban bisa digunakan untuk mengecek penjelajahan sama seperti chrome. Cara mengeceknya pun sama, pada deretan bawah halaman browser terdapat beberapa menu seperti markah atau riwayat, unduhan, setelan, mode tanpa gambar, feedback, dan multi jendela. Klik markah atau riwayat maka akan muncul jejak penelusuran. Mengecek lewat browser atau chrome kadang kurang akurat karena bisa saja riwayat penelusurannya dihapus.

2. Melalui Router Log

Router log adalah situs  dapat membuat penggunanya mengetahui jejak penelusuran browser bahkan segala aktivitas yang dilakukan saat WiFi hidup. Melalui router log dapat diketahui cara melihat history wifi yang tersimpan di router. Masuk terlebih dahulu ke browser kemudian masukkan kode IP router, bisa menggunakan kode 192.168.0.1 atau 192.168.1.1. Selanjutnya input akun pengguna atau kosongkan bagian password lalu cari riwayat penjelajahan di router log.

3. Menggunakan Wireshark

Wireshark adalah software yang dapat dilakukan digunakan sebagai cara melihat history wifi dengan menganalisis jaringan. Fitur yang tersedia di wireshark yaitu filtering, color coding, dan proses sniffin dimana akan membantu detail riwayat jaringan. Kunjungi https://www.wireshark.org/download.html untuk mengunduh wireshark lalu install aplikasinya. Pasang aplikasi dan sambungkan dengan jaringan LAN.

Pilih jaringan yang akan dipantau, terdapat pilihan Ethernet maupun wifi masukkan sesuai kebutuhan. Akan ditampilkan paket data yang sedang berjalan, untuk mengecek history ketik http pada icon cari kemudian enter. Data yang terdapat kata Getnya dipilih lalu klik Hypertext Transfer Protocol. Pada bagian source bisa dilihat alamat IP.

4. Melalui Transparent Proxy Server

Transparent Proxy Server adalah server yang akan membuat traffic web melalui proxy yang dibuat. Alamat URL yang ditelusuri akan terlihat di log karena proxy mendukung http dan https. Cocok juga bila digunakan pada windows atau linux sehingga juga bisa mengecek lewat komputer atau laptop.

5. Melalui Aplikasi Fing

Aplikasi Fing dapat berguna mendeteksi perangkat yang terkoneksi dengan jaringan wifi. Download terlebih dahulu aplikasi Fing dari play store dan install aplikasinya. Login ke aplikasi Fing lalu cari menu pindai perangkat. Biasanya setiap router memiliki batasan perangkat yang akan terhubung namun lewat Fing perangkat terhubung tidak terbatas.

Itulah beberapa  cara melihat history wifi melalui situs maupun aplikasi yang dapat diikuti. Pengawasan orang tua sangat penting untuk menjaga anak agar terhindar dari pergaulan yang salah. Pemakaian ponsel harus dijelaskan oleh orang tua pada anak apa saja yang boleh dilakukan dan tidak. Ini penting untuk menunjang tumbuh kembang anak di masa depan.

1 thought on “Ingin Tahu Cara Melihat History Wifi? Simak Ulasannya Berikut Ini”

Leave a Reply